Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Tantang Kapolda Bali, Warga SumberKlampok Nekat Liburan di Pantai Saat Nyepi

LECEHKAN NYEPI BERAMAI-RAMAI: Sosok warga Sumberklampok berpakain singlet loreng-loreng khas aparat yang nekat membuka portal pembatas ke Pantai Segara Rupek di Kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) bertepatan dengan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Rabu, 22 Maret 2023 siang. 

 

BULELENG, Balipolitika.com “Ayo satu per satu buka masuk. Tidak ada yang ngelarang. Biar pun Bapak Kapolda, suruh ke sini. Silakan masuk,” teriak salah seorang warga Sumberklampok berpakain singlet loreng-loreng khas aparat bertepatan dengan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Rabu, 22 Maret 2023 siang. 

Potongan video berdurasi 16 detik itu viral di media sosial. Sejumlah pecalang yang bertugas hanya bisa pasrah dengan aksi puluhan umat muslim Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng yang berteriak sorak-sorai saat portal pembatas ke Segara Rupek berhasil dibuka paksa.

Puluhan warga tersebut tampak menggunakan sepeda motor dan nekat membuka portal pembatas ke Segara Rupek yang ketika itu dijaga oleh pecalang sampai-sampai berani menantang Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. 

Tampak sangat arogan dan tidak memiliki rasa toleransi sedikit pun terhadap umat Hindu yang sedang khusyuk merayakan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Rabu, 22 Maret 2023, saat tali portal pembatasan berhasil dibuka paksa, puluhan warga yang mengendarai sepeda motor tersebut langsung masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) tersebut tanpa menghiraukan teguran.

Video yang viral di media sosial tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Sumberklampok, I Wayan Sawitra Yasa.

Ungkapnya, menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 sejatinya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Buleleng sudah menggelar rapat koordinasi untuk bersama-sama menjaga ketertiban serta keamanan di Hati Suci Nyepi yang berbarengan dengan awal bulan puasa. 

“Kami sudah mengumpulkan semua pihak untuk bersama-sama menjaga ketertiban serta keamanan perayaan Hari Suci Nyepi dan Bulan Puasa sesuai seruan FKUB Kabupaten Buleleng,” ungkapnya.

Kapolsek Gerokgak, Kompol I Gusti Nyoman Sudarsana juga membenarkan aksi buka paksa portal ke Pantai Seraga Rupek yang berlokasi di Kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) tersebut. (bp) 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!