Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Kayuh Prestasi: Siswi Sakura Raih Juara 2 Porjar Cabor Balap Sepeda Nomor ITT Kategori 500 Meter

MEMBANGGAKAN: Ni Made Dwi Ayu Ratnadi (kelas XI IPS 1) berhasil meraih medali perak pada ajang kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Kabupaten Badung Tahun 2023 dengan cabang olahraga balap sepeda. 

 

BADUNG, Balipolitika.com- Ajang kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Kabupaten Badung Tahun 2023 membawa hasil gemilang bagi sekolah SMA Negeri 1 Kuta Utara (Sakura) karena di ujung ajang yang berlangsung dari tanggal 6 Maret hingga 12 Maret tersebut, Sakura meraih total 112 medali. Cabang olahraga (Cabor) yang tak luput menyumbang perolehan medali itu adalah cabor balap sepeda.

Ni Made Dwi Ayu Ratnadi (kelas XI IPS 1), atau yang kerap disapa Ratna, meraih medali perak untuk Juara 2 pada pertandingan cabor balap sepeda nomor ITT (Individual Time Trial) kategori 500meter pada Pekan Olahraga Pelajar (06/03) hingga (07/03) lalu.

Dalam kejuaraan balap sepeda, nomor ITT (individual Time Trial) merupakan ketika pembalap diharuskan untuk memacu sepeda mereka melawan waktu melalui lintasan yang datar maupun naik turun.

Dalam persiapannya untuk mengikuti kejuaraan Porjar 2023, tentunya ada sebuah pola latihan yang harus dilalui Ratna. Berdasarkan penuturannya, ia dilatih oleh kakaknya sendiri yang bernama Ni Wayan Rani Pratama Dewi serta suami kakaknya, I Ketut Carma. Ratna juga menambahkan bahwa dirinya telah dilatih oleh mereka sejak dia masih kelas 6 SD.

Atlet muda ini bercerita bahwa ia berlatih dengan menggunakan waktu dispensasinya, yakni dari sore hingga pukul 7 malam. Di kesehariannya, Ratna berlatih di rumah, sementara untuk hari Minggu dia berlatih di luar. Batas waktu yang digunakannya adalah satu jam jika berlatih di rumah dan satu setengah jam apabila di trek.

Ada beberapa kendala yang mau tak mau harus dihadapinya, seperti panasnya terik cuaca apabila berlatih di pagi hari dan trek yang becek ketika habis turun hujan. Karena berbekal motivasinya untuk mengembangkan diri dan bakat, kendala yang ada tidak menghambat proses Ratna untuk meraih prestasi dan membawa nama harum sekolah ke dalam arena balap sepeda.

Mendahului medali perak yang diperolehnya untuk Juara 2 cabor balap sepeda nomor ITT (Individual Time Trial) kategori 500meter pada Porjar kemarin, Ratna juga pernah meraih prestasi pada kejuaraan lain di cabang olahraga balap sepeda. Di antaranya Juara 1 pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali pada November 2022 lalu dimana dirinya berhasil membawa pulang medali emas .

Kendati beberapa perolehan juara yang sudah dimiliki, Ratna tidak merasa berpuas diri atas prestasinya. Dia mengakui bahwa dirinya merasa sedikit kecewa belum meraih hasil yang maksimal sebab harus membagi waktu latihan dan sekolah. “Beda sama Porprov karena waktu itu benar-benar tidak sekolah selama 3 bulan jadi bisa fokus,” tukasnya. Untuk itu, ia berpesan, “Semoga di Porjar tahun depan bisa lebih baik lagi,”ujar Ratna. (handika,andrew – JCO).

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!