Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SPORT

FIFA Coret Indonesia, Gusti Putu Artha: Dua Ceroboh Negara Roboh

TAMPAR HARGA DIRI BANGSA: Gubernur Bali Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. kompak menolak Timnas Israel U-20 bertanding di daerahnya masing-masing. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Semula, kabar bahagia itu dikabarkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo 24 Oktober 2019. 

“Kabar baik hari ini datang dari FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok bahwa Indonesia terpilih menjadi tuan rumah FiFA U-20 World Cup Indonesia 2021,” tulis Jokowi di akun media sosial resminya. 

Kabar bahagia ini terpaksa mundur lantaran terjangan pandemi Covid-19. Jeda waktu ini membuat Indonesia mendapatkan kesempatan matang untuk mempersiapkan diri. 

Tinggal selangkah lagi, mimpi itu buyar seketika karena dua sosok, yakni Gubernur Bali Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Keduanya kompak menolak Timnas Israel U-20 bertanding di daerahnya masing-masing. 

Buntutnya, FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023, Rabu, 29 Maret 2023 malam.  

Batalnya Indonesia sebagai tuan rumah otomatis membunuh mimpi punggawa Timnas Indonesia U-20 yang telah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk tampil di hadapan publik sepakbola dunia. 

Kondisi ini disayangkan banyak pihak. Salah satunya I Gusti Putu Artha. “Dua Ceroboh, Negara Roboh,” ungkapnya. 

“Terima kasih Koster, Ganjar Pranowo, PDI Perjuangan dan PKS! Kalian sangat heroik membela bangsa lain dan menghancurkan martabat bangsa di dunia internasional serta masa depan sepakbola Indonesia yang sedang tumbuh, kalian bunuh seketika. Terima kasih! Dan akan lebih terhormat jika Anda juga turun dari jabatan!,” tegasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Indonesia berduka. FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023. 

Pengumuman resmi ini disampaikan FIFA lewat email kepada awak media yang sedianya meliput drawing alias pengundingan Piala Dunia U-20 Tahun 2023 yang sedianya dijadwalkan pada Jumat, 31 Maret 2023 di Bali. 

Kabar duka bagi dunia sepakbola Indonesia ini diumumkan pada Rabu, 29 Maret 2023 malam. 

Dalam keterangan berbahasa Inggris yang diperoleh redaksi, keputusan ini diambil setelah pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. 

Dalam pembahasan diungkapkan bahwa sikap tegas FIFA merupakan jawaban atas penolakan keikutsertaan Timnas Israel U-20 yang dilontarkan oleh kepala daerah di mana pertandingan akan berlangsung, yakni Gubernur Bali Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

Diketahui tuan rumah pengganti Indonesia akan diumumkan sesegera mungkin dengan tanggal turnamen tidak berubah. 

Adapun penegasan dari panitia penyelenggara event akbar ini sebagai berikut. “FIFA removes Indonesia as host of FIFA U-20 World Cup 2023,” tulis FIFA Communications kepada salah seorang jurnalis senior Bali, Rabu, 29 Maret 2023 pukul 23.04. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!