Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

FKP Unud Sambut Baik Sinergitas dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali

OPTIMALKAN SUMBER DAYA: Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unud mengadakan diskusi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bali berkaitan dengan sinergitas optimalisasi sumberdaya kelautan dan perikanan yang ada di Pulau Bali, Selasa, 28 Februari 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Pulau Bali memang terkenal dengan pariwisata dan budaya lokal yang sangat kental serta unik, namun menilik potensi lain yang dimiliki Pulau Bali, terutama pada sektor ketahanan pangan, masih banyak yang belum dioptimalkan, salah satunya adalah sektor kelautan dan perikanan.

Pada Selasa, 28 Februari 2023, bertempat di Ruang Rapat Gedung Pascasarjana, lt 3, Kampus Unud Sudirman, Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unud mengadakan diskusi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bali berkaitan dengan sinergitas optimalisasi sumberdaya kelautan dan perikanan yang ada di Pulau Bali.

FKP Unud sebagai institusi pendidikan tinggi sangat menyambut baik peluang kolaborasi program kerja yang digaungkan DKP Provinsi Bali.

Hal itu terlihat dari hadirnyaa semua unsur pimpinan di lingkungan FKP Unud, mulai dari Dekan, Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si, Wakil Dekan I, I Gede Hendrawan, Ph.D, Wakil Dekan II, Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, Wakil Dekan III, I Wayan Gede Astawa Karang, Ph.D, Koordinator Prodi Ilmu Kelautan, Dr. Dwi Budi Wiyanto, Koordinator Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Dr. Nyoman Dati Pertami, serta beberapa perwakilan dosen FKP.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan keterlibatan semua pihak, agar semua sudut pandang dapat diakomodir dengan baik melalui forum diskusi tersebut.

DKP Provinsi Bali yang dipimpin oleh Kepala Dinas KP Provinsi Bali didampingi oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan Budidaya beserta jajaran memaparkan data sumberdaya kelautan dan perikanan Bali dalam 5 tahun terakhir dan 17 program kerja yang akan digaungkan dalam mengoptimalkan sumberdaya tersebut.

Lebih lanjut, FKP Unud siap berkontribusi dan berkolaborasi dalam program kerja tersebut dengan memberikan beberapa masukan berupa pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang perlu dilakukan secara berkala serta pengelolaan limbah budidaya secara terpadu.

Kedua belah pihak berharap dengan adanya kesepakatan ini dapat memberikan kesejahteraan bagi pelaku ekonomi terutama pada masyarakat pesisir, perikanan tangkap, perikanan budidaya, serta pengolahan hasil perikanan dan kelautan (PSPA). (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!