Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SELEBRITIS

Dampak Teguran KPI, Ivan Gunawan Undur Diri dari Brownis

Dampak Teguran KPI, Ivan Gunawan Undur Diri dari Brownis

 

JAKARTA Balipolitika.com- Buntut panjang teguran KPI Pusat atas salah satu episode tayangan Brownis di Trans TV yang menyeret artis sekaligus desainer Ivan Gunawan, berdampak aksi pengunduran diri sang desainer tersebut. Pada tayangan program talkshow Brownis Trans TV, Senin, 8 Januari 2024 kemarin, Ivan Gunawan menyatakan pamit dan undur diri dari Brownis. Dalam episode terakhirnya di Brownis, Ivan Gunawan tampak sedih karena harus berpisah dengan rekan-rekan sesama artis yang turut memandu program tersebut. Ivan Gunawan pun membuat pengumuman pamitannya tersebut melalui postingan instagramnya di @ivan_gunawan, dimana Igun sapaan akrabnya, berpamitan dan meminta maaf kepada rekan-rekannya seperti Ruben Onsu, Ayu Ting Ting hingga Wendi Cagur.

“Keputusan aku sudah bulat, ini bukan gimik, aku ngomong secara sadar, enggak emosi, enggak marah-marah. Aku merasa bahwa aku punya platform, aku menghidupi banyak orang dan aku mungkin merasa bahwa karier aku di entertainment, di Brownis, aku harus akhiri hari ini,” terang desainer berusia 42 tahun itu. “Semoga hari ini menjadi hari yang terbaik buat kita semuanya, terima kasih Ayu, terima kasih Wendy, Mbak Jes, aku tadi sudah ngomong sama Mbak Jes, walaupun Mbak Jes belum memberikan iya atau tidak, tapi itu aku kembalikan ke manajemen,” sambungnya. “Thank you @brownis_ttv sudah memberikan tempat buat aku berkarya selama ini @ruben_onsu @ayutingting92 @wendicagur maaf kalo ada selah selama kita kerja selama ini mba @jck_desaratu terima kasih kesempatan nya Semua team, maafin mamih harus melanjutakan kehidupan di tempat lain,” tulis Ivan Gunawan.

Adapun dalam postingan video tersebut memperlihatkan momen Ivan Gunawan saat membawakan acara Brownies bersama ketiga rekannya tersebut. Menariknya di kolom komentar, ibunda Ivan Gunawan pun turut memberikan ucapan terima kasih kepada publik yang mendukung putranya. “Terima kasih ya untk semua yg selalu menyayangi anakku Igun yang bekerja di Brownis selama ini, untuk kesetiaan kalian duduk manis depan tv jm 12.30 hanya untk lihat anakku Igun, sekali lagi terima kasih banyakkkk yaaa… salam hangatku selalu untk semua, muach muach ,” tulisnya.

Diduga kuat keputusan Ivan Gunawan mundur dari Brownis lantaran teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Melansir dari instagram KPI sempat memberikan teguran kepada acara Brownis terkait penampilan Ivan Gunawan. Dalam keterangannya, KPI  Pusat menjatuhkan sanksi adminisratif teguran tertulis pertama untuk Program Siaran “Brownis” di Trans TV.

Program ini kedapatan menampilkan adegan yang mengarah pada penormalan laki-laki bergaya perempuan yang dipertontonkan kepada khalayak. Hal tersebut dinilai melanggar etika dan norma sebagaimana terdapat dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012. Pelanggaran ini terjadi pada 30 Oktober 2023 pukul 12.38 WIB berupa penampilan Ivan Gunawan menggunakan pakaian, riasan, aksesoris, dan bahasa tubuh kewanitaan. KPI Pusat telah meminta Trans TV untuk menglarifikasi pada 12 Desember 2023 dan menjadi catatan KPI dalam rapat pleno penjatuhan sanksi. KPI meminta Trans TV untuk melakukan perbaikan internal dan tidak lagi mengulangi pelanggaran yang sama.

Adapun di postingan tersebut sempat dikomentari Ivan Gunawan yang tak terima jika penampilannya dipermasalahkan. Tak hanya itu, desainer berusia 42 tahun ini mengaku tak terima bila gaya berpakaiannya dianggap kurang sesuai sehingga mempertontonkan hal yang tidak baik kepada khalayak. “Sebagai fashion designer yang profesional selama 20 tahun, rasanya tidak pantas di telinga saya kalo apa yang saya pakai itu dikomentari oleh satu institusi yang hanya baku pemikiran mana baju laki laki seharusnya & mana baju perempuan seharusnya. Fashion is not like that, fashion is how u discribe who u are, fashion is no limit, fashion is creativity,” tulis Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan mengaku salah negara karena mengetahui keterbelakangan Indonesia dalam memahami perkembangan industri fashion. Hal ini memicu spekulasi bahwa Ivan Gunawan akan hengkang dari dunia hiburan Tanah Air. “Mungkin saya tinggal di negara yang sampe hari ini blm mau menerima sebuah kebebasan fashion kita masih terbentur sebuah ATURAN memang saya salah, mau bergaya itu di panggung fashion bukan di televisi jd selama ini saya salah panggung.”ujarnya. (dp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!