Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

Kanker Serviks Mengancam, RS Unud-Puskesmas Induk Kutsel Bergerak

DETEKSI DINI: RS Universitas Udayana selenggarakan Pemeriksaan IVA bersama Puskesmas Induk Kuta Selatan, Jumat, 24 Februari 2023.

 

KUTA SELATAN, Balipolitika.com- Dalam rangka melakukan deteksi dini kanker pada perempuan, RS Universitas Udayana makin gencar menggelar layanan deteksi dini kanker leher rahim (serviks).

Pemeriksaan dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) ini berlangsung pada hari Jumat, 24 Februari 2023 di Puskesmas Induk Kuta Selatan.

Program gratis ini diikuti oleh perempuan dalam rentang usia 30-50 tahun yang memenuhi syarat dan ketentuan sebelum pelaksanaan tindakan.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, turut terlibat bidan, dokter Obstetri dan Ginekologi, serta dokter muda dari RS UNUD dan Puskesmas Induk Kuta Selatan.

I Gde Sastra Winata, M. Biomed., Sp.OG (K) selaku dokter Spesialis Obsteri dan Ginekologi RS UNUD sekaligus pelaksana kegiatan menyampaikan saat ini kanker serviks atau leher rahim masih menjadi masalah kesehatan yang mengancam kaum wanita sehingga test IVA sebagai deteksi dini yang mudah, murah dan cepat menjadi salah satu langkah terbaik untuk menemukan kelainan pada serviks sehingga dapat ditangani lebih awal.

Dengan berlangsungnya kegiatan pemeriksaan kanker serviks diharapkan masyarakat, terutama bagi wanita pasca menikah dapat mengetahui secara dini kondisi kesehatan alat reproduksinya. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!