Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Gedung Dekanat Fapet Unud Diupacarai

MECARU DAN MELASPAS: Fakultas Peternakan Universitas Udayana melaksanakan upacara Mecaru dan Melaspas pada Soma Pahing Merakih, Senin, 20 Februari 2023.

 

JIMBARAN, Balipolitika.comSehubungan dengan rampungnya proyek perbaikan renovasi Gedung AA yang dipakai sebagai Dekanat Fakultas Peternakan Universitas Udayana di Bukit Jimbaran, pihak fakultas melaksanakan upacara Mecaru dan Melaspas pada Soma Pahing Merakih, Senin, 20 Februari 2023.

Upacara yang juga bertepatan dengan Hari Tilem Sasih Kewulu ini bertujuan untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, serta untuk menyucikan gedung Dekanat yang baru sehingga dapat berfungsi dengan baik dan dapat menunjang kegiatan di fakultas.

Upacara Mecaru dan Melaspas gedung ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Perencanaan Dr. Ir. Dewi Ayu Warmadewi, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN Eng., Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. Budi Rahayu Tanama Putri, S.Pt., MM., IPU.. ASEAN. Eng, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. I Nyoman Sumerta Miwada, S.Pt., M.P., Koprodi S1, para Ko Unit, para Kalab, Koordinator TU, para Tendik dan pegawai di lingkungan Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Upacara Mecaru dan Melaspas Gedung berlangsung selama kurang lebih 3 jam, dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00.

Kendati demikian, pada pagi hari sekitar pukul 07.00 beberapa orang pegawai sudah terlihat sibuk mempersiapkan sarana dan prasarana untuk kelancaran acara seperti membuat lubang caru di halaman kantor 60 x60 x60 cm, menghias gedung, menyiapkan meja tempat banten, dan sejenisnya.

Sejak awal persiapan hingga akhir acara, kegiatan Dewa Yadnya ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala maupun hambatan yang berarti serta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!