Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Uncategorized

Ini Dia, Kinerja Bank BPD Bali Pada Triwulan III Tahun 2023

Tunjukkan Konsistensi Kinerja Positif serta Tingkatkan Penguatan Tata Kelola

PERCEPATAN: Kinerja Bank BPD Bali Pada Triwulan III Tahun 2023 Tunjukkan Konsistensi Kinerja Positif serta Tingkatkan Penguatan Tata Kelola

 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Bank BPD Bali komitmen menjadi pelaku usaha perbankan yang progresif dengan memaksimalkan potensi dan fokus pada solusi untuk turut membantu pemulihan ekonomi tidak hanya di daerah, namun juga nasional melalui pengembangan ekosistem digital.

Strategi bisnis Bank BPD Bali dalam meningkatkan daya saing berupa inovasi produk dan layanan dengan memperluas jangkauan layanan berbasis digitalisasi dan aliansi strategis serta pemanfaatan digitalisasi sebagai backbone pelayanan kepada nasabah. Dalam upaya meningkatkan ketahanan kelembagaan dilakukan
langkah berupa penguatan permodalan dan penguatan Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Kepatuhan (GRC) dan Good Corporate Governance (GCG) serta penerapan prinsip – prinsip Perlindungan Konsumen yang diimbangi dengan penambahan kemampuan sebagai Agent of Regional Development berupa peningkatan pertumbuhan DPK dan Kredit, juga mendorong UMKM sebagai motor penggerak perekonomian dan pembangunan daerah.

Sampai dengan bulan September tahun 2023 Bank BPD Bali tetap berinovasi dan mencetak kinerja positif. Total aset Bank BPD Bali meningkat sebesar 10,93% (y-o-y) dibandingkan pada bulan September 2022 sebesar Rp31.011,58 miliar menjadi Rp34.400,95 miliar.

Laba Bank BPD Bali menunjukkan peningkatan sebesar 18,69%, dibandingkan pada bulan September 2022 sebesar Rp542,45 miliar menjadi Rp 643,86 miliar.

Pertumbuhan aset yang cukup signifikan didorong oleh penyaluran kredit yang direalisasikan meningkat sebesar 3,71% (y-o-y) dengan jumlah Rp20.810,51 miliar dibandingkan pada bulan September 2022 sebesar Rp20.066,91 miliar.

Selanjutnya untuk mempercepat akses keuangan, Bank BPD Bali memberikan akses pembiayaan dengan berbagai produk kredit berupa kredit KUR Super Mikro, KUR Mikro dan KUR Kecil, kredit modal kerja, kredit investasi, kredit program KUSUMA (Kredit Usaha untuk Sejahtera Unggul & Maju) yang diperuntukkan untuk Debitur KUR Kecil yang tidak dapat memperoleh KUR kembali dan selanjutnya diprospek menjadi debitur kredit komersial dengan plafon kredit menyesuaikan dengan kemampuan membayar (repayment capacity) dan teranyar KMG (Kredit Multi Guna) Emas Bank BPD Bali.

Perkembangan inovasi juga digencarkan oleh Bank BPD Bali melalui fitur kanal QRIS Lintas Negara (Crossborder) bersama dengan Bank Indonesia yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi QRIS dari BPD Bali Mobile di merchant Luar Negeri, dimana tahap first launching dimulai dari negara Thailand yang selanjutnya dengan negara Malaysia dan yang teranyar dengan Singapura sehingga nasabah Bank BPD Bali yang sudah menjadi user BPD Bali Mobile cukup scan QR di merchant Thailand, Malaysia maupun Singapura dari BPD Bali Mobile.

Hal tersebut merupakan bukti nyata penguatan kerja sama dalam kerangka Regional Payment Connectivity (RPC) untuk mendorong pembayaran lintas negara yang lebih cepat, lebih murah, lebih transparan, dan lebih inklusif, terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Sesuai dengan tujuan utamanya, penggunaan QRIS dapat menjadi salah satu tools yang mempermudah dan memperbanyak alternatif cara bertransaksi di kalangan masyarakat Pencapaian Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank BPD Bali pada September tahun 2023 mengalami pertumbuhan signifikan yang mana proporsi terbesar bersumber dari peningkatan giro sebesar 35,27% dibandingkan pada bulan September 2022 sebesar Rp4.365,77 miliar menjadi Rp5.905,40 miliar.

Peningkatan juga ditunjukkan pada pencapaian tabungan yakni 30,72% dibandingkan sebelumnya pada bulan September 2022 sebesar Rp10.930,44 miliar menjadi Rp14.288,00 miliar.

Peningkatan tersebut karena kepercayaan masyarakat Bali yang loyal dengan keamanan penempatan dana di Bank BPD Bali. Disamping itu, Bank BPD Bali juga konsisten meningkatkan kemampuan dalam memperoleh dana selain Dana Pemerintah atau Dana Non Pemerintah/Swasta terutama Dana Retail yang memiliki karakteristik “dana murah” dan “berisiko rendah” dari segi konsentrasi yang mampu meminimalkan kewajiban serta mempertahankan keberlangsungan perolehan laba Bank.

Perkembangan permodalan juga menujukan pertumbuhan yang positif. Total modal posisi bulan
September tahun 2023 sebesar Rp3.955 miliar meningkat dari posisi bulan September 2022 sebesar Rp.3.572 miliar.

Bank BPD Bali Secara konsisten berhasil menjaga perbaikan lewat monitoring serta manajemen risiko yang ketat. Sejalan dengan kinerja keuangan yang baik, rasio-rasio keuangan juga menunjukkan pencapaian pada tingkat yang baik.

Rasio kecukupan modal (CAR) terjaga pada level 25,30%. Sedangkan rasio profitabilitas yaitu ROA dan ROE masing-masingmencapai angka 3,29% dan 23,96%. Dari sisi pengelolaan kredit bermasalah, NPL terjaga baik di angka 2,24%.

Rasio likuiditas, yaitu LDR per September 2023 adalah sebesar 71,27% dan rasio efisiensi, yaitu BOPO terjaga pada level 64,02%. Sementara dari sisi kepatuhan, tidak ada pelanggaran BMPK, GWM, dan PDN yang dilakukan oleh Bank.

Kinerja Bank BPD Bali sampai dengan bulan September 2023 masih tumbuh positif, hal ini menunjukkan
masyarakat, stakeholder dan shareholder masih mempercapai Bank BPD Bali dalam mengelola keuangan
melalui produk dan layanan yang dimiliki.

Seiring dengan semakin kompleksnya bisnis perbankan dan semakin berkembangnya produk dan layanan serta inovasi Teknologi yang dimiliki Bank BPD Bali maka Bank BPD Bali terus berupaya untuk meningkatkan penguatan penerapan tata kelola bank, Manajemen Risiko dan Kepatuhan(GRC) & Good Corporate Governance (GCG) serta penerapan prinsip-prinsip perlindungan konsumen, demikian yang disampaikan oleh Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan, I.B. Gd. Ary Wijaya Guntur, S.E., M.M.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!