Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Dari Sampah, Acer Aspire Vero 14 Diperkenalkan di Bali

DARI BARANG BEKAS: Laptop Acer Aspire Vero 14 yang ramah lingkungan diperkenalkan di Pantai Telaga Waja, Kuta Selatan, Badung, Bali, Sabtu, 28 Januari 2023 pagi.

 

KUTA SELATAN, Balipolitika.com Acer, bersama Seasoldier, kembali berkolaborasi dalam kampanye #SayangBumi untuk melanjutkan rangkaian kegiatan bersih-bersih pantai dan edukasi lingkungan.

Aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan di Pantai Telaga Waja, Kuta Selatan, Badung, Bali ini berhasil mengumpulkan lebih dari 1,8 ton sampah.

Berkolaborasi dengan organisasi peduli lingkungan, Seasoldier, Acer bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi permasalahan limbah plastik.

Limbah tersebut merupakan salah satu yang paling banyak mencemari lautan (KLHK, 2020), dan diperkirakan jumlah sampah di laut Indonesia telah mencapai lebih dari 5,75 juta ton.

Oleh karena itu, aksi bersama dan edukasi yang dilakukan oleh Acer bersama para komunitas diharapkan dapat memberikan dampak yang nyata terhadap kelestarian lingkungan.

Kali ini Acer bersama Seasoldier mengajak para sukarelawan di Bali, untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan workshop membuat ecobrick.

Kegiatan ini didukung oleh beragam komunitas mulai dari Forum Peduli Mangrove Bali, Balaram Mangrove Heroes, Mangrove Rangers, dan generasi muda dari SMA Widiatmika Jimbaran, KMPL Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan sukarelawan dari Crusaders MC Indonesia Bikers, hingga masyarakat setempat dan dihadiri oleh perwakilan UPTD Taman Hutan Raya (Tahura) Provinsi Bali.

Selain bersih-bersih pantai, para pelajar dan mahasiswa juga mendapatkan edukasi mengenai cara membuat ecobrick berikut manfaatnya seperti untuk membuat meja, kursi, dan produk mebel lainnya yang ramah lingkungan.

“Kami berkolaborasi dengan Seasoldier dan komunitas setempat untuk menjalankan rangkaian kegiatan #SayangBumi dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan di sekitar pantai. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mengenai pengolahan sampah plastik agar dapat dimanfaatkan kembali. Tujuan dari inisiatif #SayangBumi adalah untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan”, kata Anandita Puspitasari, Consumer Marketing Manager Acer Indonesia.

Sebelum bersih-bersih pantai, puluhan peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa, serta sejumlah komunitas lingkungan yang aktif dalam gerakan konservasi mangrove secara langsung berpartisipasi dalam workshop yang diselenggarakan oleh Seasoldier untuk mengolah sampah menjadi ecobrick.

“Workshop ini merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung terhadap lingkungan. Kami mengajarkan bagaimana cara memilah limbah plastik di rumah tangga dan lingkungan secara sederhana, untuk diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Mega Prima, Project Coordinator, Seasoldier Bali.

Kegiatan bersih-bersih pantai di wilayah Telaga Waja Pratama berhasil mengumpulkan sebanyak 1,856 kilogram sampah yang terdiri dari sampah organik maupun non-organik.

Pengangkutan sampah tersebut dibantu oleh truk dari pihak Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Kabupaten Badung, Bali.

Selain itu, sebagian sampah organik pun ditanam langsung ke permukaan pasir dengan kedalaman 1 meter.

Kegiatan ini melanjutkan aksi perdana Acer dan Seasoldier pada bulan Desember 2022 di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 300 kilogram sampah dengan dukungan 65 sukarelawan.

Pada kegiatan hari ini di Bali, Acer sekaligus memperlihatkan laptop Acer Aspire Vero 14 yang ramah lingkungan.

Terbuat dari berbagai material daur ulang seperti 30 persen plastik post consumer recyled (PCR) pada permukaan, 50 persen plastik PCR pada bagian keyboard, dan limbah plastik lautan pada touchpad.

Varian warna mariana blue juga diperoleh secara alami dari pemilahan plastik tanpa penggunaan bahan cat berbahaya.

Kemasannya yang terbuat dari bahan daur ulang dan 100 persen recyclable dapat dibentuk ulang dan dimanfaatkan untuk keperluan lain, sehingga meningkatkan nilai guna.

Hadir sebagai laptop eco-friendly, Acer tidak mengesampingkan performa komputasi pada Aspire Vero generasi terbarunya.

Didukung oleh 12th Gen Intel® CoreProcessor, Aspire Vero 14” (AV14-51) juga telah tersertifikasi Intel® Evo™ Platform untuk memastikan bahwa laptop ini membawa performa tinggi nan responsif, tahan lama, dan punya fitur premium yang memudahkan pengguna seperti kamera Full HD dan noise cancellation.

Dilengkapi dengan aplikasi khusus bernama VeroSense, Aspire Vero akan membantu memperpanjang masa pakai perangkat, serta mengoptimalkan konsumsi daya secara hemat.

Acer mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi #SayangBumi dengan membagikan ide untuk berkontribusi dalam menjaga bumi.

“Kami berharap, kolaborasi ini dapat mendorong generasi muda untuk melakukan langkah-langkah #SayangBumi, agar dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan,” tutup Anandita.

Acer didirikan pada tahun 1976, Acer adalah salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia dan telah hadir di lebih dari 160 negara.

Acer berevolusi dengan industri dan mengubah gaya hidup, berfokus menciptakan dunia di mana perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan akan saling menyatu, menciptakan ekosistem dan membuka kemungkinan baru bagi konsumen dan bisnis.

7.500 karyawan Acer berdedikasi pada riset, desain, pemasaran, penjualan, dan dukungan produk dan solusi yang mendobrak batasan antara manusia dan teknologi. Silakan kunjungi www.acer.com untuk informasi lebih lanjut.

Acer Indonesia mulai beroperasi tahun 1998 dan merupakan pemain utama di industri PC Indonesia. Acer telah mencatat pertumbuhan yang stabil dan positif di pasar Indonesia, termasuk memimpin pasar laptop untuk sektor pendidikan di Indonesia dengan lini Chromebook.

Saat ini Acer Indonesia telah berkembang dari perusahaan hardware menjadi hardware + software + services dan cyber security, menawarkan berbagai produk, solusi, layanan, dan manpower dengan teknologi terkini.

Selama perjalanan bisnisnya, Acer memperoleh prestasi yang menempatkannya sebagai merek laptop dan PC pilihan masyarakat Indonesia.

Terbukti dengan berbagai penghargaan bergengsi yang diterima, di antaranya; Indonesian Customer Satisfaction Award selama 11 tahun berturut-turut, dan penghargaan Top Brand Award selama 15 tahun berturut-turut sejak tahun 2008 – 2022.

Sebagai wujud komitmen dukungan terhadap industri game, secara konsisten Acer juga menghadirkan inovasi terdepan dengan fitur unggulan melalui lini Predator Gaming.

Acer berkomitmen untuk menjalin komunikasi tanpa batas dengan konsumen di seluruh Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui jaringan layanan purnajual yang dapat ditemui di 110 lokasi di 90 kota dan 36 provinsi di Indonesia dan 2 di Timor Leste, Acer Contact Center dengan tarif lokal 1500-155, serta layanan melalui media sosial selama 24 jam setiap harinya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!