Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Harumkan Nama Bali, Program Suwirta Ditengok Menteri LHK

SIAP JADI CONTOH: Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung dampingi kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Gema Santi Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Rabu, 11 Januari 2023.

 

SEMARAPURA, Balipolitika.com- Program TOSS Center kembali mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung dampingi kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Gema Santi Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Rabu, 11 Januari 2023.

“Dilihat dari fasilitasnya, ruangnya, maupun teknologinya sudah sangat baik. Tetapi nanti sarananya harus perlu ditambah lagi,” ujar Menteri LHK RI, Dr. Ir Siti Nurbaya Bakar saat di lokasi.

Siti Nurbaya Bakar juga mengaku sangat mengapresiasi program TOSS Center yang dicanangkan oleh Bupati Suwirta.

“Masalah sampah memang sangat penting kita tuntaskan bersama, yang harus dipahami adalah bagaimana posisi sampah dari hulu hingga hilir kemudian apa saja di dalam proses itu yang terlibat dan hal yang paling terpenting sampahnya beres. Saya kira di Kabupaten Klungkung sudah bersama-sama bergerak serius untuk menuntaskan masalah sampah ini. Nah, kalau Klungkung catatan prestasi atau rewards juga banyak, saya pun sangat apresiasi ini mudah-mudahan ke depannya TOSS Center juga bisa menjadi tempat percontohan untuk daerah lainnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sekda Winastra mengenalkan TOSS Center secara singkat.

Rincinya 2018 lalu, TOSS berhasil masuk top 40 Inovasi Pelayanan Publik, kemudian di tahun 2021 TOSS berhasil masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) kategori khusus.

Tahun ini, TOSS masuk dalam Top 5 Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022.

Selain itu, saat ini Pemkab Klungkung juga tengah membuat program 100 persen TOSS Desa, sebab dengan program ini sangat dinilai bisa menuntaskan permasalahan sampah khususnya di desa-desa.

Perbekel dengan perangkat desa lainnya diharapkan bisa melaksanakan program ini secepatnya untuk mendukung pelaksanaan peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber.

“Terima kasih atas kunjungan dan motivasi yang telah Ibu Menteri berikan. Semoga ke depannya Kabupaten Klungkung terus konsisten menuntaskan permasalahan sampah ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Sekda Winastra.

Turut hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana serta jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemkab Klungkung. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!