Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Ogoh-Ogoh Terbaik Per Kabupaten dan Kota Diganjar Rp50 Juta

BYE-BYE PANDEMI COVID-19: Gubernur Bali, Wayan Koster menegaskan Pemerintah Provinsi Bali kembali menggelar lomba Ogoh-Ogoh menyambut hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 tahun 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Lomba Ogoh-Ogoh menyambut hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 tahun 2023 kembali digelar Pemprov Bali.

Berbeda dengan tahun 2022, tidak ada pembatasan jumlah peserta yang mengarak Ogoh-Ogoh pada lomba kali ini.

Hal tersebut lantaran dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19.

Gubernur Bali, Wayan Koster menjelaskan lomba Ogoh-Ogoh se-Bali merupakan upaya mewadahi kreativitas para yowana Bali sebagaimana lomba serupa pada tahun 2019 dan 2022.

Pada 2020 dan 2021 lomba ditiadakan karena pandemi Covid-19. Koster menyadari bahwa generasi milenial Bali memiliki talenta dan jiwa seni sangat tinggi terbukti lewat berbagai kreasi seni, di antaranya ogoh-ogoh.

“Talenta kreatif ini harus terus disemai, dipupuk, dan diberikan ruang agar tumbuh subur dan berkembang menjadi sumber nilai kehidupan dan penghidupan masyarakat Bali,” tandasnya.

“Lomba Ogoh-Ogoh adalah salah satu bentuk apresiasi Gubernur Bali terhadap kreativitas generasi muda (yowana) se-Bali dalam perayaan Hari Raya Nyepi melalui cipta peradaban seni. Sehari sebelum Hari Raya Nyepi diadakan Upacara Bhuta Yadnya (Tawur Kasanga) yang dimaknai sebagai penyucian atau pemarisudha Bhuta Kala, yaitu kurban suci kepada unsur-unsur alam (panca maha bhuta). Dalam rangkaian upacara Bhuta Yadnya tersebut terdapat bagian yang disebut Nyomya Bhuta Kala, yaitu menyucikan Bhuta Kala agar menjadi tenang (somya), tenteram, dan berada pada tempatnya setelah mendapatkan persembahan. Pembuatan dan pengarakan Ogoh-Ogoh inilah digunakan sebagai yantra atau simbol dari kegiatan Nyomya Bhuta Kala,” sambung Koster.

Adapun kriteria Ogoh-Ogoh yang akan dilombakan pada tahun 2023 sebagai berikut.

Pertama, Ogoh-Ogoh dibuat baru terkait perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 atau tahun 2023 Masehi.

Kedua, penilaian Ogoh-Ogoh dilaksanakan di tempat (balai banjar, balai desa, atau tempat lain) sebelum Ogoh-Ogoh diarak dalam parade.

Ketiga, Ogoh-Ogoh dibuat dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan (tidak diperbolehkan menggunakan sterofoam, spon, dan plastik sekali pakai.

Keempat, tinggi Ogoh-Ogoh 3-5 meter diukur dari atas alas (beti/kotak).

Kelima, bentuk Ogoh-Ogoh bercirikan tradisi Hindu Bali dengan tidak menampilkan unsur politik, SARA, dan pornografi.

Keenam, Ogoh-Ogoh dapat berwujud Santa Rupa (figur kedewataan) atau Rudra Rupa (figur keraksasaan).

Unsur penilaian lomba Ogoh-Ogoh mencakup estetika (tema, bahan, konstruksi, anatomi/proporsi, ekspresi, dan kreativitas); etika (busana, gelungan, pepayasan), religius (sumber sastra, nilai-nilai filosofis).

Pemprov Bali akan memberikan penghargaan bagi juara Lomba Ogoh-Ogoh 2023 dengan rincian 9 terbaik I tingkat Kabupaten/Kota se-Bali masing-masing memperoleh penghargaan berupa uang Rp50 juta dan piagam penghargaan.

9 terbaik II tingkat Kabupaten/Kota se-Bali Rp35 juta dan piagam penghargaan, serta 9 terbaik III tingkat Kabupaten/Kota se-Bali Rp25 juta dan piagam penghargaan.

Selain penghargaan di atas, 3 nominasi terbaik masing-masing kecamatan se-Bali (selain yang mendapat peringkat terbaik I,II, dan III di kabupaten/kota, red) memperoleh hadiah uang masing –masing sebesar
Rp5 juta dan piagam penghargaan. Hadiah dikenakan Pajak PPh. sesuai ketentuan yang berlaku.

Pendaftaran lomba dimulai 5-22 Februari 2023 secara online melalui link http://cutt.ly/pendaftaran-lomba-ogohogoh2023.

Penilaian tingkat kecamatan dilaksanakan 1-10 Maret 2023. Tiga Ogoh-Ogoh terbaik akan diajukan pada penilaian tingkat kota/kabupaten 13-20 Maret 2023.

Selanjutnya tim juri masing-masing kota/kabupaten menetapkan 3 Ogoh-Ogoh peringkat terbaik I, II, dan III yang diumumkan pada 23 Maret 2023. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!