Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Era Baru, PAD Karangasem Meroket Jadi Rp300.78 Miliar

ERA BARU: Bupati Karangasem, I Gede Dana dan Wakil Bupati, I Wayan Artha Dipa melaporkan bahwa era baru Karangasem ditandai dengan naiknya jumlah PAD. (diambil dari TikTok Bupati Karangasem)

 

KARANGASEM, Balipolitika.com– Kabar bahagia wajib diketahui masyarakat Bumi Lahar, Karangasem serangkaian hari raya keagamaan, yakni Natal, Galungan, Kuningan, dan Tahun Baru 2023.

Selain mengucapkan selamat merayakan Tahun Baru 2023 serta selamat menyambut hari raya suci umat Hindu, Galungan dan Kuningan, Bupati Karangasem, I Gede Dana dan Wakil Bupati, I Wayan Artha Dipa menegaskan Karangasem Era Baru ditandai dengan makin tingginya Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ungkapnya banyak peningkatkan yang ditorehkan Pemkab Karangasem yang sedang dibangun menuju era baru.

Antara lain peningkatan PAD melalui MBLB (pajak Galian C) yang tembus target, pelayanan program kesehatannya dengan program AJP-nya ataupun bidang pendidikan dengan membuka kampus negeri.

“Ini patut kita syukuri, dan merupakan kerja keras semua pihak. Ke depan kita harapkan bisa ditingkatkan lagi untuk pembangunan Karangasem,” ucapnya.

Rincinya, pemungutan Pajak MBLB saat ini menjadi primadona mengingat di era kepemimpinan Dana-Dipa, Karangasem Era Baru mampu mencatat rekor pencapaian PAD tertinggi dan pajak MBLB tertinggi sepanjang sejarah.

PAD Karangasem sejumlah Rp300.78 miliar. Pendapatan itu meliputi pajak daerah Rp167,92 miliar (55,83 persen, retribusi Rp10,19 miliar (3,39 persen), hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp9,32 miliar (3,10 persen), dan lain-lain PAD yang sah Rp113,34 miliar (37,68 persen).

Untuk itu, Gede Dana berharap agar masyarakat Karangasem dapat memaknai tahun baru dengan rasa suka cita.

“Sambutlah tahun baru dengan suka cita dan semoga kita semua dipenuhi kebahagiaan dan kemakmuran, rahayu,” ungkapnya.

Untuk perayaan hari raya suci Galungan 4 Januari 2023 dan Kuningan, 14 Januari 2023 pihaknya berharap dan mendoakan agar Karangasem terus maju, menuju era baru dengan mengemban visi-misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha, Santhi dan Nadi alias Pakerthi Nadi. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!