Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Department of Chemistry Texas A&M University at Qatar Kolaborasi FT Unud

KULIAH TAMU: Kuliah Tamu dengan topik  “Thfazole Ladder Polymers for Plastic Electronis and Organic Solar Cells” yang dilaksanakan di Ruang Sidang II Fakultas Teknik Universitas Udayana pada hari Rabu, 7 Desember 2022.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Kuliah Tamu dengan topik  “Thfazole Ladder Polymers for Plastic Electronis and Organic Solar Cells” yang dilaksanakan di Ruang Sidang II Fakultas Teknik Universitas Udayana, Rabu, 7 Desember 2022.

Materi kuliah tamu kali ini dibawakan oleh Mohammed Al-Hashimi, PhD, FRSC yang merupakan dosen dari Department of Chemistry, Texas A&M University at Qatar.

Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa dari 3 Program Studi terkait dimulai dari Program Studi Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro yang ada di linkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Adapun materi yang dibawakan, membahas mengenai plastik elektronik yang telah membuat kemajuan komersial dan ilmiah yang besar selama dekade terakhir, terutama didorong oleh potensi aplikasi seperti transistor efek medan untuk backplanes fleksibel dan e-paper, dan sel surya untuk pembangkit energi area yang luas.

ID TechEx, perusahaan riset pasar yang berbasis di Inggris, “memperkirakan bahwa selama dua dekade terakhir investasi global dalam teknologi elektronik plastik telah melebihi $10 miliar AS.

Bidang semikonduktor organik terkonjugasi telah meningkat secara signifikan selama dekade terakhir karena penelitian ekstensif yang telah dilakukan untuk pembuatan elektronik plastik cetak yang hemat biaya, luas, dan fleksibel.

Di antara polimer terkonjugasi, unit donor-akseptor (DA) bolak-balik digunakan secara luas dalam pembuatan fotovoltaik organik (OPV), dan transistor efek medan organik (OFET).

Dengan modifikasi khusus dari bagian D-A, seseorang dapat secara progresif menyesuaikan tingkat energi dan sifat penyerapan serta meningkatkan koplanaritas tulang punggung polimer dan konektivitas antar-rantai, yang mengarah pada pengembangan semikonduktor organik yang unggul, termasuk mobilitas pembawa yang lebih tinggi dan efisiensi konversi daya fotovoltaik (PCE).

Selain membahas mengenai plastic elektronik, beliau selaku pemateri juga menyempatkan diri berbincang dengan bapak wakil dekan II Fakultas Teknik Universitas Udayana, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST,MA.Sc., Ph.D. dalam perbincangannya ia membahas bagaimana kerjasama kedepannya untuk meningkatkan minat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana untuk melakukan study banding mengenai perkembangan energi elektronik berbasis surya. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!