Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

KUI Gelar Workshop Liaison Officer

INTERNASIONALISASI: Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar acara  workshop Liaison Officer pada Minggu, 27 November 2022) di Ruang Nusantara, Kampus Universitas Udayana, Sudirman.

 

DENPASAR, Balipolitika.com– Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar acara  workshop Liaison Officer pada Minggu, 27 November 2022) di Ruang Nusantara, Kampus Universitas Udayana, Sudirman.

Liaison Officer merupakan petugas yang menjadi penghubung antara tamu delegasi dengan panitia penyelenggara.

Menjadi penghubung ini tentunya membutuhkan skill, pengetahuan, dan seni agar bisa menjadi pendamping tamu yang baik dan mumpuni.

Dalam acara ini KUI Unud khusus mengundang narasumber dari divisi protokoler Kementerian Luar Negeri RI, yaitu Maradona A. Runtukahu dan R.M. Virgino Rikaryanto.

Pada sesi pertama Virgino Rikaryanto memberikan informasi pedoman dan standar protokol, penanganan tamu asing di kegiatan resmi dan fasilitas diplomatik, sedangkan Maradona memberikan informasi mengenai tugas dan peran LO. 

Sesi kedua dimulai oleh Maradona yang memberikan informasi mengenai table manner.

Table manner ini sangat penting dalam menjamu tamu dalam acara makan atau gala dinner.

Sesi kedua kemudian dilanjutkan oleh Virgino yang memberikan simulasi saat menjadi LO dalam suatu acara resmi atau kenegaraan.

Dalam acara para peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas sangat senang dan berterima kasih kepada para narasumber dan KUI Unud.

Dr.Eng. Ir. Ni Nyoman Pujianiki, ST., MT., M.Eng., IPM menghadiri seminar nasional bertajuk “Enhancing Graduate Employability in ASEAN through Internationalisation of Higher Education” yang merupakan hasil kerja sama antara Universitas  Bina  Nusantara  dengan  European  Union  Support  to  Higher  Education  in  the Asean Region (EU-SHARE) pada Selasa, 22 November 2022 di Hotel Le Meridien, Jakarta.

SHARE merupakan proyek hibah dari EU dengan tujuan memperkuat kerjasama regional, meningkatkan kualitas, persaingan  serta  internasionalisasi  dari  pendidikan  tinggi  serta  mahasiswa  di  kawasan  ASEAN.

SHARE memiliki tujuan utama meningkatkan kerja sama antara EU dengan ASEAN untuk peningkatan kapasitas dalam ruang lingkup pendidikan tinggi di ASEAN.

Acara diikuti oleh Perwakilan  pimpinan  tinggi  yang  menjadi  partner  di  lingkungan perguruan  tinggi  (kementerian, universitas dan sektor swasta). (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!