Kesehatan

Komang Menik Bahas Keselamatan Pasien di Simposium Nasional

KOMUNIKASI SBAR: Dosen Program Studi Keperawatan, Ns. Komang Menik Sri Krisnawati, S.Kep., M.Kes, mengikuti acara Simposium Nasional Riset dan Abdimas Inovatif Berkelanjutan Seminar Nasional Sains dan Teknologi  (SENASTEK) IX dan Seminar Nasional Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (SENASDIMAS) I Universitas Udayana 2022, Kamis, 1 Desember 2022 di Ruang Denpasar Room 5. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Dosen Program Studi Keperawatan, Ns. Komang Menik Sri Krisnawati, S.Kep., M.Kes, mengikuti acara Simposium Nasional Riset dan Abdimas Inovatif Berkelanjutan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK) IX dan Seminar Nasional Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (SENASDIMAS) I Universitas Udayana 2022.

Komang Menik mendiseminasikan hasil penelitian dan hasil pengabdian pada Kamis, 1 Desember 2022 di ruang Denpasar Room 5. 

Adapun judul penelitian yang didesiminasikan oleh Komang Menik yaitu “Optimalisasi Keselamatan Pasien Melalui Pelatihan Komunikasi SBAR pada Perawat di Rumah Sakit Bali Mandara”.

Temuan penelitian yang didapatkan oleh Komang Menik yaitu terbukti efektif dalam meningkatkan komunikasi SBAR perawat dengan metode hand over.

Selain penelitian, Komang Menik juga melakukan pengabdian kepada masyarakat yang akan didesiminasikan pada sore hari di waktu yang sama.

Pengabdian ini berjudul ”Pemberdayaan Perawat Melalui Komunikasi Terapeutik di Rumah Sakit Bali Mandara”. 

Kesan-kesan yang disampaikan oleh Dosen FK Unud yang sudah mengabdi sejak 2007 dalam mengikuti SENASTEK ini adalah sangat senang karena acara ini bisa dilakukan secara offline dan kebetulan mendapatkan hibah rutin tiap tahunnya.

Selain itu acara senastek offline ini bisa saling tukar pendapat, sharing ilmu, maupun sharing hasil penelitian.

Komang Menik menambahkan bahwa sudah sejak awal mengikuti acara SENASTEK ini dan berharap SENASTEK dapat dipertahankan dan lebih baik lagi apabila bisa berkembang ke tahap internasional. (bp/Unud.ac.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button