Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Rekam Cetak KTP-KIA, Gede Dana: Cukup di Kantor Camat

EFEKTIF: Bupati Karangasem I Gede Dana Dana me-launching Pelayanan Rekam Cetak KTP dan KIA di Kecamatan Tahun 2022. 

 

AMLAPURA, Balipolitika.com- Tak puas dengan program terobosan Atma Kerthi, Kamis, 24 November 2022, Bupati Karangasem, I Gede Dana me-launching Pelayanan Rekam Cetak KTP dan KIA di Kecamatan Tahun 2022.

Sebelumnya juga diluncurkan enam program inovasi pelayanan administrasi kependudukan, yakni Jana Kerthi, Beladana, Si Dana, Prakerti Yowana, Bhisma Dana, dan terakhir Pelayanan Inovasi Administrasi Kependudukan Atma Kerthi.

“Semua inovasi pelayanan administrasi kependudukan tersebut telah di-launching pada 21 Maret 2022 dan pada hari ini saya lengkapi dengan me-launching Pelayanan Cetak Rekam KTP dan KIA di kecamatan,” ujar Gede Dana.

“Dengan pelayanan Rekam Cetak KTP dan KIA di Kecamatan masyarakat dapat menghemat biaya transport dan waktu yang digunakan untuk datang ke Mall Pelayanan Publik dan kini cukup datang ke Kantor Camat. Pada intinya inovasi-inovasi yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan,” lontarnya.

Launching Pelayanan Rekam Cetak KTP dan KIA di kecamatan ini tidak terlepas dari terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

Secara filosofis pemberian KIA pada anak menunjukkan negara hadir memuliakan dan mendorong kemandirian anak serta memberikan perlakuan non diskriminatif bahwa anak memiliki identitasnya sendiri sebagai seorang WNI.

Kegunaan KIA yang menjadi identitas resmi bagi anak-anak yang belum dapat KTP perlu diketahui masyarakat.

Tak hanya sebagai data penduduk, KIA juga punya banyak, di antaranya sebagai persyaratan mendaftar sekolah, sebagai syarat mengurus perbankan, yaitu ketika anak ingin memiliki tabungan sendiri.

KIA juga digunakan sebagai syarat mendaftar BPJS, serta mengurus klaim asuransi.

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!