Pendidikan

FMIPA Unud Tuan Rumah Kongres Konsorsium Biologi Indonesia 2022

Diikuti 250 Orang dari 7 Negara

TUAN RUMAH: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana (FMIPA Unud) menyelenggarakan Science and Technology International Conference (STIC) 2022 bertema “Bridging Mathematics and Physical Science Through Multidisiplin Research” bertempat di Gedung Agrokomplek Kampus Sudirman Denpasar.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana (FMIPA Unud) menyelenggarakan Science and Technology International Conference (STIC) 2022 bertema “Bridging Mathematics and Physical Science Through Multidisiplin Research” bertempat di Gedung Agrokomplek Kampus Sudirman Denpasar.

Konferensi ini berlangsung 2 hari, 16-17 November 2022 bersamaan dengan Kongres Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) 2022 yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU.

Ketua Panitia, Dra. Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni, M.Sc.,Ph.D dalam laporannya menyampaikan, konferensi ini bertujuan untuk mempertemukan ilmuwan akademisi, peneliti, dan sarjana penelitian terkemuka untuk bertukar dan berbagi pengalaman dan hasil penelitian mereka tentang semua aspek ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan ini juga menyediakan platform interdisipliner ilmiah bagi para peneliti, praktisi, dan pendidik untuk mempresentasikan dan mendiskusikan inovasi terkini, masalah terkini, tren dan tantangan yang dihadapi dan solusi yang diadopsi di bidang sains dan teknologi.

“Kami sangat bangga diberi kesempatan berharga untuk menjadi tuan rumah Kongres Konsorsium Biologi Indonesia tahun ini di Universitas Udayana,” ujarnya.

KOBI merupakan organisasi yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan tinggi biologi dalam penguasaan keanekaragaman hayati dan pemanfaatan sumber daya alam hayati secara optimal dan berkelanjutan untuk kesejahteraan umat manusia.

Hampir 250 orang dari tujuh negara berpartisipasi dalam konferensi ini, yaitu dari Amerika Serikat, Singapura, Spanyol, Australia, China, Taiwan, dan Indonesia.

Ada empat presentasi pleno dan seratus lima puluh lima abstrak penelitian dipresentasikan dalam konferensi ini yang terdiri dari 61 biologi, 25 kimia, 16 teknologi informasi, 14 matematika, 17 farmasi, dan 22 fisika.

Dekan FMIPA Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D menyampaikan, konferensi yang dihadiri oleh para ilmuwan dari 6 negara berbeda ini akan mempresentasikan dan berbagi serta bertukar pengalaman dan hasil penelitian dalam semua aspek sains dan teknologi.

“Saya percaya bahwa konferensi ini akan menjadi sumber ide, konsep dan terobosan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masa depan, untuk mendukung dan memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk mengubah dunia menjadi lebih baik,” tegasnya.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga sampaikan kepada tim KOBI yang mempercayakan kepada FMIPA Unud untuk menyelenggarakan kongres tahun ini.

Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU menyampaikan hajatan akademis ini merupakan upgrade dari konferensi nasional tahunan yang diadakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana.

Tahun ini, konferensi digelar dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-60 Universitas Udayana.

Konferensi yang mengumpulkan para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini diharapkan terjadi diskusi yang intens, sehingga nantinya ide-ide cemerlang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, dirumuskan dan kemudian dipublikasikan dalam prosiding atau jurnal bereputasi.

Di samping itu Konferensi Internasional ini juga diharapkan menjadi wadah yang ideal untuk komunikasi dan berbagi ide serta pengalaman dalam disiplin ilmu MIPA di masa depan, serta menjadi wadah untuk menjadikan FMIPA yang maju dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (bp/Unud.ac.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker