Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Bupati Bangli: Kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai Harus Diteladani

SERAH TERIMA SURAT SAKTI: Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta bertindak sebagai inspektur ucapara dalam rangka serah terima Pataka Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Klungkung ke Kabupaten Bangli di Alun-Alun Kota Bangli, Selasa, 15 November 2022.

 

BANGLI, Balipolitika.com- Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta bertindak sebagai inspektur upacara serah terima Pataka Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Klungkung ke Kabupaten Bangli di Alun-Alun Kota Bangli, Selasa, 15 November 2022.

Upacara serah terima tersebut dihadiri Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, anggota DPRD Bangli, dan seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli.

Sedana Arta mengatakan serah terima Pataka Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai melibatkan elemen veteran, TNI/Polri, ASN, komunitas, pelajar, bahkan anak-anak PAUD.

Hal tersebut dilakukan agar patriotisme seluruh elemen masyarakat bangkit.

“Pataka dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai ini akan keliling ke tempat-tempat bersejarah yang ada kaitannya dengan perjuangan Anak Agung Anom Mudita di Kabupaten Bangli,” ucap Sedana Arta.

Ditambahkannya, malam harinya pataka dan surat sakti tersebut akan disemayamkan di Tugu Makam Pahlawan Penglipuran. Selanjutnya, pada Rabu, 16 November 2022 diserahkan ke Kabupaten Gianyar.

“Semangat pahlawan I Gusti Ngurah Rai dalam mempertahankan kemerdekaan dan tidak mau kompromi dengan pihak NICA membuktikan bahwa semangat kemerdekaan ini perlu kita jaga dan rawat bersama. Kita isi dengan berbagai hal yang positif dalam rangka melanjutkan cita-cita para pendahulu kita. Di Kabupaten Bangli tentu gerakan pembangunan yang sudah kita lakukan akan terus digemakan sehingga rasa jengah untuk membangun Bangli akan semakin terpatri di sanubari dan dada seluruh masyarakat saat Bangli melompat lebih tinggi untuk mengejar segala ketertinggalan dari kabupaten/kota lain,” tegas Sedana Arta. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!