Gaya HidupKuliner

Sedap, Mahasiswa Unud Ciptakan Steak Nangka Muda

SKILS: Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana gelar Presentasi Program Pembuatan Produk Kreatif pada Minggu, 30 Oktober 2022 di Ruang Teater Gedung GA FTP Unud Bukit Jimbaran.

 

JIMBARAN, Balipolitika.com- Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana gelar Presentasi Program Pembuatan Produk Kreatif pada Minggu, 30 Oktober 2022 di Ruang Teater Gedung GA FTP Unud Bukit Jimbaran.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Angkatan 2022 dan dibuka oleh Koordinator Program Studi Teknologi Pangan diwakili oleh Ni Luh Ari Yusasrini, S.TP., M.P.

Pembuatan Produk Kreatif (P3K) merupakan salah satu program wajib Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana yang merupakan serangkaian Festival of Food Technology (FESFOOD).

Pada kegiatan Presentasi P3K ini, mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Angkatan 2022 dikelompokkan menjadi 9 dan membawa 9 produk Inovasi berbasis Plant Based Food.

Antara lain Gogumy (goguma soy, minuman dari ubi Ungu dan susu kedelai); Jakota (cemilan goreng berbahan Jamur, kol dan tahu); Decava (ronde singkong yang dipadukan susu kedelai); Venut (vegetarian nugget berbahan dasar kacang merah); Draco (dragon cookies dari buah naga dengan tepung mocaf); Kyasaba Mochi (mochi perpaduan singkong dan tepung mocaf); Dimsum Si Arto ( dimsum berbahan dasar buah sukun); Rotachi (carota mochi, mochi berbahan dasar wortel); dan Totero Steak (steak tiruan berbahan dasar buah nangka muda).

Seluruh produk yang dihasilkan merupakan produk Plant Based Food dan Gluten Free. Seluruh bahan menggunakan bahan pangan lokal dan tidak menggunakan tepung terigu dalam proses pembuatannya.

Dewan juri pada kegiatan ini terdiri dari dosen Program Studi Teknologi Pangan, yaitu Sayi Hatiningsih, S.TP., M.Si; Putu Julyantika Nica Dewi, S.TP., M.TP., dan I Gede Arie Mahendra Putra, S.TP., M.TP.

Ida Bagus Gede Mahatma Nanda selaku Ketua Himpunan Program Studi Teknologi Pangan menyampaikan kegiatan ini bertujuan mempresentasikan dan mendapatkan masukan dewa juri terkait produk olahan plant based dan gluten free yang diinovasikan oleh mahasiswa yang ditampilkan pada 6 November 2022 saat expo.

Selain itu, Ni Luh Ari Yusasrini, S.TP., M.P. selaku perwakilan Koordinator Program Studi berharap produk inovasi P3K berlanjut sampai jenjang PKM, PMW atau bisnis yang diaplikasikan serta produk yang dihasilkan tidak hanya memiliki nilai ekonomi tapi memiliki nilai tambah, tidak hanya mengatasi rasa lapar, tetapi memiliki nilai plus yaitu nilai fungsional. (bp/Unud.ac.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button