Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

Ini 7 Jurus Tak Mati Muda Berkat Jantung Sehat

Oleh: dr. Saraswati Putri Yogita, S.Ked

 

PENYAKIT JANTUNG adalah penyebab utama kematian di dunia. Namun, jangan was-was atau takut berlebihan, hal penyakit jantung dapat dicegah. Meskipun Anda tidak dapat mengubah beberapa faktor risiko —seperti riwayat keluarga, jenis kelamin, atau usia— ada banyak cara lain untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menghasilkan hidup berkualitas dengan jantung sehat.

Mulailah dengan tujuh jurus atau tips ini untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

 

  1. Stop Rokok dan Tembakau

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk jantung Anda adalah berhenti merokok atau menggunakan tembakau tanpa asap. Bahkan jika Anda bukan perokok, pastikan untuk menghindari asap rokok.

Bahan kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Asap rokok mengurangi oksigen dalam darah. Asap rokok meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Karenanya jantung harus bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup ke tubuh dan otak.

 

  1. Bergerak 30-60 Menit Tiap Hari

Aktivitas fisik yang teratur setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Aktivitas fisik membantu mengontrol berat badan Anda. Ini juga mengurangi kemungkinan mengembangkan kondisi lain yang dapat membebani jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Jika Anda belum aktif untuk sementara waktu, Anda mungkin perlu perlahan-lahan mencapai tujuan ini, tetapi secara umum, Anda harus membidik setidaknya 150 menit seminggu latihan aerobik sedang, seperti berjalan dengan langkah cepat; 75 menit seminggu aktivitas aerobik yang kuat, seperti berlari; dua atau lebih sesi latihan kekuatan seminggu

 

  1. Pilih Menu Makanan yang Sehatkan Jantung

Pola makan yang sehat dapat membantu melindungi jantung, memperbaiki tekanan darah dan kolesterol, serta mengurangi risiko diabetes tipe 2. Rencana makan yang sehat untuk jantung meliputi sayuran dan buah-buahan, kacang atau kacang polong lainnya, daging dan ikan tanpa lemak, makanan susu rendah lemak atau bebas lemak, biji-bijian utuh, dan lemak sehat seperti minyak zaitun.

 

  1. Pertahankan Berat Badan Sehat

Kelebihan berat badan– terutama di sekitar bagian tengah tubuh– meningkatkan risiko penyakit jantung. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi yang meningkatkan kemungkinan terserang penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes tipe 2.

 

  1. Kualitas Tidur Baik

Orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan depresi. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur setiap malam. Jadikan tidur sebagai prioritas dalam hidup Anda. Tetapkan jadwal tidur dan patuhi itu dengan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Jaga agar kamar tidur Anda gelap dan sunyi, sehingga lebih mudah untuk tidur.

 

  1. Kelola Stres

Beberapa orang mengatasi stres dengan cara tidak sehat, seperti makan berlebihan, minum atau merokok. Cara alternatif mengelola stres seperti aktivitas fisik, latihan relaksasi atau meditasi dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

 

  1. Cek Kesehatan Teratur

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Tanpa pemeriksaan kesehatan, Anda mungkin tidak akan tahu apakah Anda memiliki kondisi ini. Setelah melakukamn pemeriksaan di pelayanan kesehatan dan ditemukan Anda memiliki kondisi seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi atau diabetes, penyedia layanan kesehatan Anda akan meresepkan obat dan merekomendasikan perubahan gaya hidup. (*/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!