Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Sekda Denpasar: Mudik Pakai Bus Tekan Risiko di Jalan Raya

Lepas 450 Peserta Mudik Ikawangi Dewata Bali

MUDIK GRATIS: Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana lepas mudik gratis Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata Bali di area Parkir Timur Lapangan Niti Mandala Renon, Sabtu, 6 April 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana melepas keberangkatan 450 warga Kota Denpasar yang mengikuti program mudik gratis Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata Bali di area Parkir Timur Lapangan Niti Mandala Renon, Sabtu, 6 April 2024.

Program mudik gratis jelang hari raya Lebaran 1445 Hijriah ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

450 peserta mudik ini bertolak ke beberapa daerah di Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya menggunakan 8 unit bus.

Sesaat setelah melepas keberangkatan para pemudik, Alit Wiradana mengemukakan apresiasi atas pelaksanaan program mudik gratis Ikawangi Dewata Bali.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Banyuwangi Ibu Ipuk Fiestiandani yang telah menyediakan fasilitas mudik gratis bagi warga Kota Denpasar asal Banyuwangi. Apalagi program mudik gratis ini juga didukung dengan pengawasan dan pengawalan mobil ambulance dan aparat keamanan. Astungkara semua selamat sampai tujuan,” ungkap Alit Wiradana.

Program mudik ini imbuhnya tentu dapat mengurangi jumlah pemudik bersepeda motor yang otomatis akan memberikan kelancaran serta mengurangi risiko di jalan raya.

“Dalam kaitannya dengan program mudik ini, saya juga mengimbau agar para supir bus tetap memperhatikan dan fokus pada keselamatan selama berkendara di jalan raya,” tegasnya.

Di sisi lain, Plt. Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi, Komang Sudira Atmaja menjelaskan program mudik gratis diadakan untuk memfasilitasi masyarakat Banyuwangi yang ada di wilayah Bali agar dapat mewujudkan tradisi mudik ke kampung halaman saat Lebaran.

“Mudah mudahan untuk tahun berikutnya, program mudik ini dapat mengakomodasi para anggota Ikawangi di wilayah lainnya,” kata Sudira.

Sementara itu, Wakil Ketua Ikawangi Dewata, Istiyono menyebut pelaksanaan program mudik gratis ini telah memasuki kali kedelapan.

“Hari ini kita juga memfasilitasi mengangkut puluhan motor dengan dua unit truk. Tujuan mudik ini ke Banyuwangi Kota sampai terakhir nanti daerah Kalibaru. Selama perjalanan akan ada enam titik pemberhentian,” katanya.

Menurut Istiyono, antusiasme warga untuk menggunakan layanan mudik gratis menuju ke Banyuwangi tahun ini sangat tinggi.

Dalam dua hari saja, pendaftaran peserta program mudik gratis sudah harus ditutup karena kuota sudah terpenuhi. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!