Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Peristiwa

Nyoman Parta Terseret Arus Saat Bersihkan Batang Pohon di DAM Peraupan

PENGABDIAN BERUJUNG DUKA: Jenazah pegawai honorer Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma atau PDAM Kota Denpasar, I Nyoman Parta, 46 tahun yang terseret arus Sungai Ayung, Rabu, 19 Oktober 2022 sekitar pukul 11.30.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma berduka. Salah seorang pegawainya, tepatnya pegawai honorer bernama I Nyoman Parta, 46 tahun ditemukan tak bernyawa.

Terseret arus Sungai Ayung, Rabu, 19 Oktober 2022 sekitar pukul 11.30 saat bekerja membersihkan sungai dari cabang pohon atau kayu yang, jenazah Nyoman Parta ditemukan pada hari yang sama di Loloan Padanggalak, Sanur.

Kepala Seksi Operasi SAR dan Kesiapsiagaan, Anak Agung Alit Supartana menjelaskan pihaknya menerima kabar bahwa seorang pekerja PDAM Denpasar terseret arus di DAM Peraupan, Banjar Umadesa, Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Rabu, 19 Oktober 2022 sekitar pukul 12.05.

Jelasnya korban atas nama Nyoman Parta asal Pemogan, Denpasar. Informasi kejadian ini diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) dari BPBD Kota Denpasar.

“Dari laporan Bapak Agus Suparta, diperkirakan waktu kejadian kurang lebih pukul 11.45 Wita,” terang Alit Supartana.

Terkait kronologis, Alit Supartana menyebut awalnya korban sedang membersihkan sampah dan kayu di aliran DAM, namun naas ia terseret arus dan menghilang.

Sebanyak 6 personil diberangkatkan menuju lokasi kejadian. Kondisi di lokasi hujan lebat dan arus di DAM deras dan debit air tinggi. Tim berkoordinasi dengan unsur SAR dan membagi menjadi 3 tim di beberapa lokasi. Tim memfokuskan pencarian dari atas DAM Peraupan hingga menuju aliran DAM Oongan.

“Tim SAR gabungan melaksanakan pencarian menyisir aliran Sungai Ayung, dari LKM menuju ke arah hilir,” jelas Wayan Murliasa selalu koordinator lapangan.

Penyisiran berlanjut hingga Dam Oongan dan 40 menit setelahnya diterima informasi bahwa korban ditemukan di Pantai Padang Galak, Sanur arah 145° dari LKM dengan jarak 9.6 km.

Jenazahnya ditemukan warga pada pukul 16.25 Wita. Selanjutnya tim merapat ke tempat penemuan dan melaksanakan evakuasi. Jenasah Nyoman Parta dibawa ke RSUP Sanglah dengan menggunakan ambulans BPBD Kota Denpasar.

Unsur SAR yang terlibat selama proses pencarian di antaranya Basarnas Bali, Brimob Polda Bali, Polairud Polresta Denpasar, Pemadam Kebakaran Kota Denpasar, BPBD Kota Denpasar, PDAM Kota Denpasar, Potensi SAR Radio 115, Balawista Kota Denpasar pihak keluarga korban, dan masyarakat setempat. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!