Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Samakan Persepsi, Biro Umum Selenggarakan Bimtek Aplikasi SAKTI

Kegiatan Bimbingan Teknis Operator Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi), dari tanggal (5-7 Oktober 2022).

 

BADUNG, Balipolitika.com– Biro Umum melalui bagian Barang Milik Negara (BMN) Universitas Udayana selenggarakan Bimbingan Teknis Operator Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 5 s/d 7 Oktober 2022 bertempat di Padma Resort Legian Kuta.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Umum Unud Ni Made Pertami Susilawati S.E.,M.M. dan diikuti oleh para operator SAKTI di lingkungan Universitas Udayana  dan juga operator SAKTI dari Perguruan Tinggi lain di Bali yaitu Undiksha.

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) mencakup seluruh proses pengelolaan keuangan negara pada SATKER dimulai dari proses Penganggaran, Pelaksanaan, sampai dengan Pelaporan.

Dalam sambutannya Kepala Biro Umum Ni Made Pertami Susilawati menyampaikan bahwa penyelenggaraan Bimtek SAKTI ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pelatihan serta penyamaan persepsi bagi para Operator SAKTI. Untuk itu Universitas Udayana menghadirkan Narasumber yang berkompeten dalam pengelolaan aplikasi ini dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Denpasar yakni Ni Putu Aryanti Kamadeni (Pelaksana Seksi Manajemen Sektor dan Kepatuhan Internal) dan Eka Dani Saputra (Pelaksana Seksi Verifikasi dan Akuntansi).

SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu, SAKTI menerapkan konsep single database. Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

Dengan dilaksanakan BIMTEK selama 3 hari diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada di unit kerja masing-masing. (bp/lit/www.unud.ac.id)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!