Ekbis

6.000 Lowongan Kerja Ditawarkan di Job Fair 2022

STOP PENGANGGURAN: Antrean pelamar pekerjaan di industri perhotelan di Bali baru-baru ini.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Pemkot Denpasar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi (DTKSK) Kota Denpasar menggelar job fair selama 2 hari, Selasa, 20 September 2022 hingga Rabu, 21 September 2022 di Gedung Dharmanegara Alaya, Lumintang, Denpasar.

Tersedia 6.000 lowongan pekerjaan (loker) dari 30 perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Walikota Jaya Negara mengatakan job fair kali ini juga membuka lowongan kerja sektor pariwisata di luar negeri, yakni Kota Darwin Australia mengacu kerja sama dengan Pemerintah Kota Darwin pada 13 Juni 2022 lalu.

Pihaknya optimis dan berharap job fair menjadi solusi penyediaan lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran di Denpasar yang berjumlah 7,02 persen per Agustus-September 2022.

“Job fair ini juga menjadi salah satu upaya untuk menekan tingkat inflasi di Kota Denpasar,” kata Jaya Negara.

Imbuhnya, Pemkot Denpasar akan menyiapkan 2 kawasan di Kota Denpasar menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan saat ini masih dalam proses permbangunan.

Kedua wilayah tersebut yakni kawasan Sanur dan Bali Turtle Island Development (BTID) Serangan.

Sanur akan menjadi kawasan medical tourism atau wisata berbasis kesehatan, sedangkan BTID menjadi kawasan pariwisata berbasis pendidikan.

“Di Sanur akan dibangun Mayo Clinik dan Botanical Garden, serta dibangun Convention Center dengan kapasitas 5 ribu orang,” terangnya.

Untuk di kawasan Sanur, pihaknya mengaku sudah melakukan kerjasama dengan PT HIN bukan hanya dalam tenaga kerja tapi juga UMKM.

Khusus untuk di BTID dibangun hotel lima dan saat ini sedang dibangun juga kampus hasil kerja sama antara Massachusetts Institute of Technology (MIT) bekerja sama dengan Tsinghua University.

Kampus ini digadang-gadang bisa menampung sebanyak 2.000 mahasiswa internasional.

“Di kampus ini nanti mahasiswa kita yang berkualitas juga akan mendapat beasiswa,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas DTKSK Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta menjelaskan job fair kali ini menyediakan lowongan kerja di dalam maupun luar negeri.

Lowongan kerja ke luar negeri paling banyak dari perusahaan kapal pesiar di Eropa dan Asia. (bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker