Politik

AHY: Mari Bangkit Bersatu Berjuang Demi Rakyat

PIDATO KEBANGSAAN: Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sampaikan pidato kebangsaan di hari kedua Rapimnas Partai Demokrat di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, 16 September 2022.

 

JAKARTA SELATAN, Balipolitika.com- Pidato kebangsaan 21 tahun Partai Demokrat disampaikan Ketua Umum (Ketum) Agus Harimurthi Yudhoyono di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, 16 September 2022.

Satu di antara topik yang diangkat adalah soal demokrasi. Ketum Demokrat yang karib disapa AHY itu menyampaikan pidato kebangsaan pada hari kedua Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat,

“Di usai yang ke-21 tahun, Partai Demokrat memiliki pengalaman lengkap dalam berdemokrasi. Kami pernah 10 tahun memimpin jalannya pemerintahan. Kini kami berada di luar kekuasaan menjalankan fungsi check and balance,” ujar AHY.

Putra sulung Presiden Ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengatakan Partai Demokrat dalam segala situasi memiliki prinsip yang tak pernah berubah terkait arah keberpihakannya dalam berpolitik.

“Insya Allah Partai Demokrat tetap istiqomah untuk memperjuangkan dan mengawal harapan rakyat,” sambungnya.

Maka dari itu, AHY menegaskan dalam Rapimnas 2022 ini, partai berlambang Mercy ini memiliki 3 fokus utama yang dibahas ribuan kader yang hadir, baik DPP, DPD, maupun DPC.

“Pertama, kami memikirkan dan mencari solusi atas persoalan rakyat, utamanya kondisi sosial ekonomi rakyat,” paparnya.

Untuk fokus kedua, AHY menyebutkan bahwa Rapimnas 2022 mengambil sikap atas sejumlah isu nasional yang fundamental yang juga jadi perhatian rakyat dan dunia.

“Baik soal demokrasi, kebebasan, keadilan, dan supremasi hukum,” sambungnya.

Fokus ketiga, lanjutnya, terkait harapan dan rekomendasi Partai Demokrat, baik pusat maupun daerah untuk Pemilu 2024 mendatang.

“Partai Demokrat menawarkan keinginan solusi terbaik yang dapat menjadi alternatif penyelesaian rakyat saat ini,” demikian AHY.

Terkait fokus ketiga, AHY menyebut sedang intens dengan dua partai politik terkait rencana koalisi dan strategi Demokrat dalam pemenangan Pemilu 2024, serta membahas isu-isu nasional.

“Demokrat siap mencalonkan kader utamanya menjadi bagian capres-cawapres yang diusung,” kata AHY menegaskan bahwa Demokrat mengusung kriteria perubahan dan perbaikan untuk mencalonkan presiden-wapres pada Pemilihan Presiden-Wapres (Pilpres) 2024.

Adapun kriteria capres-cawapres, tutur AHY, di samping harus memiliki integritas, pasangan itu harus memiliki dukungan terkuat dari rakyat.

Tak kalah pentingnya bagi Demokrat, agar pasangan capres-cawapres harus memiliki chemistry, memiliki kekuatan hati dan energi yang saling percaya, saling menguatkan, dan saling melengkapi.

AHY mengatakan pihaknya ingin membangun koalisi dengan partai lain, serta mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Kriteria koalisi Partai Demokrat adalah partai politik yang memiliki semangat perubahan dan perbaikan.

“Saat ini, Demokrat tengah intens membangun komunikasi dengan dua partai yang juga bersemangat membangun perubahan untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar AHY.

Terkait kriteria Capres-Cawapres, di samping harus memiliki integritas dan kapasitas, pasangan itu juga harus memiliki elektabilitas atau dukungan terkuat dari rakyat.

Tak kalah penting, pasangan ini harus memiliki chemistry. Memiliki kekuatan hati dan energi; yang saling percaya, saling menghargai, saling menguatkan dan saling melengkapi. Semangatnya adalah dwitunggal.

Besar harapan Demokrat, niat baik dan tanggung jawab konstitusional ini tidak diganggu dan dihalangi oleh kekuatan mana pun, dan dengan cara apa pun.

Tegasnya rakyat bisa mencontoh Pilpres dan demokrasi yang indah di era Presiden Megawati dan Presiden SBY dulu.

Demokrat siap untuk memperjuangkan kader utamanya menjadi bagian dari pasangan Capres-Cawapres yang diusung.

Menurut AHY, pintu untuk melakukan perubahan dan perbaikan terbuka lebar. “Partai Demokrat harus menjadi motor perubahan ini,” kata dia.

“Pada bagian akhir dari pidato ini, saya menyampaikan komitmen Partai Demokrat, untuk melakukan perubahan dan perbaikan demi Indonesia yang lebih baik,” tegas AHY.

AHY tidak lupa menyapa seluruh kader dan simpatisan Partai Demokrat; kepada seluruh rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote; para ulama, guru, petani, nelayan, buruh, pedagang, pelaku UMKM, tenaga kesehatan, tenaga honorer, jurnalis, tukang cukur, ojek online, seniman, pekerja ekonomi kreatif: youtuber, selebgram, tik-tokers, content creator, dan kelompok profesi lainnya; ibu-ibu rumah tangga; juga para mahasiswa, pelajar, dan generasi muda Indonesia; serta kepada para sahabat, partai-partai politik lainnya.

“Jika merasakan energi dan semangat perubahan dan perbaikan seperti yang saya rasakan, mari bangkit dan bersatu memperjuangkan kehidupan rakyat, dan masa depan yang lebih baik. Insya Allah, Indonesia akan semakin aman dan damai, semakin adil dan sejahtera, semakin maju dan mendunia. Indonesia untuk semua,” pungkas AHY di depan 3.000-an pimpinan Partai Demokrat tingkat pusat maupun daerah, serta para wakil rakyat asal Partai Demokrat dari seluruh pelosok Indonesia. (bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker