Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SPORT

Spaso Hattrick, Bali United Hajar Dewa United 6-0

TUA-TUA KELADI: Babak kedua milik Ilija Spasojevic. Ia mencetak gol di menit ke-67, 79, dan 90+2 menutup kemenangan Bali United 6 gol tanpa balas atas Dewa United FC. (foto istimewa)

 

GIANYAR, Balipolitika.com Bali United lesatkan setengah lusin gol ke gawang Dewa United saat bertamu ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar di pekan kesembilan BRI Liga 1 2022/2023, Sabtu, 10 September 2022 sore.

Tiga gol bersarang di gawang Tangsel Warriors yang dijaga M. Natshir di babak pertama. Tiga gol pertama Bali United hadir melalui sundulan Privat Mbarga (menit ke-28), Haudi Abdillah (41), dan Novri Setiawan (44).

Babak kedua hattrick Ilija Spasojevic membungkam Dewa United di menit ke-67, 79, dan 90+2; menutup kemenangan Bali United 6 gol tanpa balas atas Dewa United FC.

Kedua tim nyatanya bermain dengan saling jual beli serangan, hanya Bali United mampu memanfaatkan keadaan.

Upaya penyerangan dilakukan Bali United pada awal babak pertama. Melalui lini tengah, Eber Bessa memberikan umpan terusan kepada Privat Mbarga yang langsung melepaskan tembakan ke gawang.

Tendangan Privat masih mampu dijangkau M. Natshir.

Tangsel Warriors pun tidak tinggal diam. Beberapa peluang coba dilakukan melalui dua pemain asing mereka Majid Osman dan Lucas Ramos namun belum membuahkan hasil karena rapatnya baris pertahanan Serdadu Tridatu.

Pada menit ke-21, upaya serangan datang dari Bali United. Umpan dari lini tengah yang mengarah ke Eber Bessa dipatahkan Majed Osman hingga membuat pemain asal Brasil ini terjatuh tepat di garis kotak penalti Dewa United.

Tendangan bebas untuk Serdadu Tridatu diambil sang kapten, namun sayang belum merubah keadaan.

Gol hadir untuk Bali United pada menit ke-28. Memanfaatkan tendangan bebas Fadil dari sisi kiri lapangan, umpan terukur sang kapten diterima dengan baik oleh Privat yang menyelesaikannya dengan sundulan.

Gol Privat mengubah papan skor, Bali United 1-0 atas Dewa United.

Dalam keadaan tertinggal, Rangga Muslim dan kolega semakin meningkatkan intensitas penyerangan. Pada menit 38, Asep Berlian melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tipis berada di sisi kiri mistar gawang Nadeo.

Bali United pun tidak diam. Pada menit 40, permainan satu dua Privat dan Spaso terlihat dalam kotak penalti yang diselesaikan Privat dengan tembakan namun ditangkis M. Natshir dan berbuah sepak pojok.

Sepak pojok ini menjadi petaka bagi Dewa United. Gol Haudi Abdillah memperlebar jarak.

Memanfaatkan kemelut usai sepak pojok dilepaskan Fadil, Haudi langsung mengarahkan bola ke dalam gawang Tangsel Warriors. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Bali United.

Setelah unggul, intensitas permainan Bali United semakin meningkat.

Gol ketiga kembali hadir melalui sepak pojok pada menit ke-44.

Umpan Fadil dari sisi kiri lapangan kembali menyebabkan kemelut depan gawang Nathsir.

Spaso yang mencoba melakukan tembakan ditahan lini pertahanan Dewa United.

Novri yang berdiri bebas langsung melepaskan sundulan ke dalam gawang Tangsel Warriors. Skor berubah 3-0, skuad Stefano Cugurra di atas angin.

Hingga turun minum, skor 3-0 untuk Bali United bertahan.

Memasuki babak kedua, Bali United melepaskan tembakan pada menit ke-52. Melalui umpan sepak pojok Eber Bessa, Willian Pacheco menerima tembakan mendatar yang berada di samping gawang Natshir. Dua menit kemudian, tembakan mendatar Ilija Spasojevic masih dijangkau Natshir.

Pada menit ke-59, sang mantan Fahmi Al Ayyubi dimasukan oleh Coach Nil Maizar menggantikan Asep Berlian.

Kehadiran Fahmi memberikan ancaman lini pertahanan Serdadu Tridatu. Umpan matang Fahmi disambut Sugeng Efendi dengan tembakan ke gawang yang mampu ditangkis Nadeo Arga Winata.

Bali United pun menyambut dengan melakukan pergantian di lini depan. Novri Setiawan keluar, masuk Hendra Bayauw.

Pergantian pun sukses. Hendra yang mencoba menusuk ke pertahanan lawan digagalkan menimbulkan sepak pojok.

Fadil yang melakukan eksekusi memberikan umpan matang untuk Spasojevic yang menambah gol bagi Bali United pada menit ke-67. Skor berubah 4-0 untuk Serdadu Tridatu.

Tak ingin terbuai dengan skor besar, Teco mengganti lini pertahanannya. Dua pemain belakang diganti demi menjaga keseimbangan tim. Haudi dan Andhika ditarik keluar pada menit ke-72 digantikan Ardi Idrus dan Komang Tri.

Empat menit kemudian, Mahe dan Ramdani masuk menggantikan Eber Bessa dan Ricky Fajrin.

Kehadiran Mahe membuka peluang untuk Bali United. Berhasil merebut bola di lini pertahanan Tangsel Warriors dan memberikan umpan ke Hendra Bayauw berbuah penalti untuk Bali United.

Ini terjadi sebab Hendra dijatuhkan dalam kotak terlarang oleh Lucas Ramos.

Penalti pun sukses dieksekusi Ilija Spasojevic pada menit ke-79. 5-0 untuk keunggulan Bali United.

Dua menit menjelang waktu penuh, Majed Osman kembali melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Namun ketenangan Nadeo Arga Winata mampu mengatasi dengan melakukan tangkisan terhadap bola Osman. Gawang Bali United masih aman dari noda kebobolan.

Sebelum peluit panjang, pada waktu tambahan dua menit, gol penutup hadir untuk Bali United.

Tendangan mendatar Ilija Spasojevic menutup pertandingan dengan skor 6-0. Gol ini tercipta berkat umpan matang Privat Mbarga.

Setengah lusin gol ini membuat posisi Bali United di aman di zona puncak BRI Liga 1 2022/2023 hingga pekan kesembilan. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!