Pendidikan

Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-77, Unud Gelar Upacara Bendera

Universitas Udayana menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, bertempat di Halaman Depan Gedung Rektorat Unud Kampus Jimbaran, Selasa (17/8/2022)

 

JIMBARAN, Balipolitika.com– Universitas Udayana menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” bertempat di Halaman Depan Gedung Rektorat Unud Kampus Jimbaran, Selasa (17/8/2022). Upacara bendera diikuti oleh civitas akademika Unud dengan menggunakan pakaian adat tradisional. Bertindak sebagai Inspektur Upacara : Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. IPU, Komandan Upacara : I Dewa Agung Bagus Adityaningrat (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Pengibar Pembentang Bendera : Dewa Gede Putra Bhagawanta (Mahasiswa Fakultas Hukum), Pembawa Bendera : Gede Armando Adie Pradana (Mahasiswa Fakultas Hukum), Pengeret Bendera : Awaludin Nasir Ubadah (mahasiswa Fakultas Matematika dan Pengetahuan alam), Perwira Upacara : Mohammad Anwar Robbani (Mahasiswa Fakultas Peternakan), serta Iringan Lagu dari UKM Marching Band Universitas Udayana.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya pada Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang dibacakan oleh Rektor Unud menyampaikan bahwa pada 77 tahun yang lalu dengan penuh keberanian para pendahulu kita mengumandangkan proklamasi mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih, menyatakan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa, lalu terlahirlah Indonesia Merdeka. Perjuangan menggapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Khususnya pada tahun ini kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Semangat tersebut saat ini sedang kita buktikan bersama melalui presidensi G20 tahun 2022, dengan peran besar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan. Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Belajar. Kita telah memberikan bukti bahwa upaya untuk memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai program dukungan beasiswa.

Kita juga telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka. Hal tersebut barulah sebagian kecil dari terobosan Merdeka Belajar yang sekarang sudah mencapai 21 episode. Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan kami luncurkan sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila. Selamat memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, khusus bagi para pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar. (bp/lit/www.unud.ac.id)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker