Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Megawati Soekarnoputri Raih Anugerah Kesenian Tertinggi

SENIMAN SEJATI: Gubernur Bali, Wayan Koster menghaturkan selamat kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia, Ibu Prof. Dr. (H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri atas anugerah penghargaan tertinggi BaliBhuwana Mahottama Nugraha.

 

DENPASAR.Balipolitika.com– Gubernur Bali, Wayan Koster menghaturkan selamat kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia, Ibu Prof. Dr. (H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri atas anugerah penghargaan tertinggi BaliBhuwana Mahottama Nugraha.

Atas nama Pemprov Bali dan seluruh anggota Dewan Penyantun ISI Denpasar, Gubernur Koster juga mengucapkan selamat kepada enam maestro dan tokoh seni budaya bereputasi internasional yang menerima penghargaan Bali– Bhuwana Nata Kerthi Nugraha 2022, yakni Tjokorda Gede Putra Sukawati (Maesnas Seni), Anak Agung Gde Rai (Kolektor dan tokoh permuseuman), Rhoda Grauer (Seniman dan akademisi dari Amerika Serikat), Tossin Himawan (Kolektor seni rupa dari Jakarta), Rucina Balinger (Seniman dan aktivis seni), dan Nyoman Windhu (Komposer berprestasi).

Ucapan selamat tersebut disampaikan Gubernur Koster pada Dies Natalis ke-XIX dan Wisuda Sarjana, Sarjana Terapan, Magister, dan Doktor ke-XXVIII Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, serta acara Pembukaan Festival Internasional Bali Padma Bhuwana II pada, Kamis (Wraspati Kliwon, Mrakih), 28 Juli 2022 yang dihadiri secara langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, Anggota DPR RI, Djarot Saiful Hidayat, Anggota Dewan Penyantun ISI Denpasar, Tjokorda Putra Sukawati, Prof. Dr. Wayan Wita, dan Prof. Dr. Made Bandem, serta Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Adnyana.

Koster yang juga menjadi Ketua Dewan Penyantun ISI Denpasar dalam sambutannya menyampaikan di setiap menghadiri acara Dies Natalis ISI Denpasar selalu teringat dengan kenangan masa lalu saat menjadi Ketua Unit Kesenian Mahagotra Ganesha ITB.

Kala itu, dia mengundang Rektor ISI Denpasar yang dulu bernama ASTI, Prof. Made Bandem hingga mengajak mahasiswa di Unit Kesenian ITB datang ke Bali belajar menari dan menabuh selama sebulan penuh.

“Jadi kontribusi ISI Denpasar tidak saja di Bali, tapi sudah di luar Bali ikut memajukan seni dan budaya Bali,” ucapnya.

Koster sangat berharap ISI Denpasar mempelajari dan mendalami seluruh akar kekayaan dan keunggulan seni budaya Bali sebagai sumber ilmu pengetahuan dan berperan penting dalam pemajuan kebudayaan Bali serta berkontribusi dalam pemajuan kebudayaan nasional.

“Kita di Bali sudah memiliki Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali. Jadi di dalam memperkuat dan memajukan kebudayaan Bali, ISI Denpasar harus selalu memegang peranan penting dan menjadi motor perubahan di dalam melakukan dinamika sekaligus juga menjaga kelestarian tradisi, seni budaya yang kaya dan adiluhung di Provinsi Bali,” pintanya.

“Karena Bali itu, kalau dicari DNA-nya, mungkin itu DNA-nya adalah DNA seni. Jadi luar biasa, Bali ini kalau tanpa seni kering, tanpa seni seperti tidak memiliki masa depan. Tapi dengan adanya seni, hidup menjadi bergairah, penuh inovasi,” sambungnya.

Gubernur Koster juga mengajak seluruh sarjana, magister, dan doktor yang diwisuda segera turun bersama masyarakat melakukan kerja penguatan dan pemajuan seni budaya Bali yang ada di desa adat se-Bali.

“Bali adalah laboratorium untuk menguji kebudayaan kita. Sesuai dengan prinsip Trisakti Bung Karno yaitu berkepribadian dalam kebudayaan,” tandasnya.

“Untuk itu, saya sebagai Gubernur menjadikan kebudayaan sebagai mainstream hingga hulunya pembangunan Bali agar seluruh aspek pembangunan di Bali dilandasi nilai-nilai adat istiadat, tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal di Bali,” imbuh Koster.

Sementara itu, Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Adnyana melaporkan ISI Denpasar meraih prestasi di berbagai bidang.

ISI Denpasar dinobatkan sebagai rangking 94 terbaik dari 2.585 Perguruan Tinggi se-Indonesia versi Webometrics Rank pada Juli 2022.

“Kami juga selalu hadir memberikan tampilan kesenian di ajang Pembukaan Bulan Bahasa Bali ke-4, Bulan Bung Karno ke-4, dan Pesta Kesenian Bali ke-44 di Tahun 2022, hingga aktif melakukan pengabdian masyarakat dengan membentuk Nata Citta Desa Siwabudaya,” jelasnya. (lit/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!