Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Yayasan Astra Honda Motor Ajari Anak Berkendaraan Aman

Kolaborasi Taman Pintar, Libatkan 45 Guru PAUD Yogyakarta dan sekitarnya

SAFETY RIDING: Yayasan AHM dan Taman Pintar Kembangkan Model Pengajaran Berkendaraan Aman bersama Guru PAUD

 


YOGYAKARTA, Balipolitika.com–
Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mengembangkan model pengajaran keselamatan berkendara yang menyenangkan untuk anak usia dini bersama Taman Pintar dan para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Yogyakarta.

Upaya penguatan kompetensi 45 guru PAUD menjadi bagian dari gelaran EduFest Figur #Cari_aman Astra Honda yang berakhir di Taman Pintar, Yogyakarta, 8 Desember 2023.

Kegiatan yang berlangsung sejak bulan September 2023 ini diikuti oleh para guru dari sekolah PAUD di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman dan Kota Yogyakarta.

Selain guru PAUD, kegiatan ini juga melibatkan 16 figur pendukung Zona Etika Lalu Lintas (ZELL) – Taman Pintar dan Taman Lalu Lintas Anak (TLLA), Yogyakarta.

Mereka mendapatkan ilmu keselamatan berkendara melalui pembelajaran secara teori maupun praktik menggunakan Honda Riding Trainer (HRT) dan berkendara di area Course Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk belajar public speaking dan social media management melalui kegiatan workshop.

Melengkapi kegiatan ini, para peserta juga mengikuti Focus Group Discussion (FGD) dengan bahasan metode pengajaran keselamatan berkendara yang menarik dan menyenangkan, serta mudah diterapkan untuk siswa usia dini.

Para guru PAUD ini juga berkesempatan mengikuti kontes mengajar etika keselamatan berlalu lintas yang menjadi puncak kegiatan EduFest Figur #Cari_aman Astra Honda.

Yayasan AHM memberikan apresiasi kepada lima guru PAUD terbaik dalam gelaran kontes etika keselamatan berlalu lintas.

Mereka dinilai dalam 3 bagian penilaian, yakni penilaian praktik menggunakan Honda Riding Trainer, praktik mengajar dengan menggunakan alat peraga serta simulasi mengajar safety riding untuk anak usia dini.

Dari hasil penilaian kontes yang dilakukan tim Instruktur Safety Riding Astra Honda, sosok ibu guru Danti Ita Arsanti dari Kelompok Bermain (KB) Sekar Lintang Yogyakarta berhasil meraih peringkat pertama dalam memberikan pengajaran edukasi kepada para siswa usia dini.

Disusul oleh ibu guru Sri Rejeki dari KB Al Husna Yogyakarta di peringkat kedua dan di peringkat ketiga ibu Hesmy Fetriyantari dari KB Bintang Kecil Yogyakarta.

Peringkat keempat dan kelima di tempati oleh ibu Lilis Nurhidayah dari Taman Kanak (TK) Islam Safa Yogyakarta dan Padmi Lestasi dari KB Permata Hati Bantul.

Pada gelaran EduFest Figur #Cari_aman, Yayasan AHM juga memberikan donasi 5 push bike dan 5 set riding gear untuk digunakan anak-anak yang bermain di Taman Pintar, Yogyakarta.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kegiatan ini hadir bagi figur pendukung gerakan kampanye keselamatan berkendara, termasuk guru PAUD yang berada di garda terdepan edukasi keselamatan berkendara bagi generasi di usia dini.

Berbagai edukasi hingga kontes dalam kegiatan ini menjadi penguatan kemampuan para tenaga pengajar dalam menghadirkan keamanan dan kenyamanan berkendara di Indonesia.

“Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, bersama Taman Pintar kami berusaha menghadirkan model penyampaian materi ajar keselamatan berkendara yang efektif dan menyenangkan untuk anak usia dini. Kami berharap para Guru PAUD yang merupakan figur terdepan dalam mengajar anak-anak, dapat menjalankan peran ini setelah mengikuti program penguatan kompetensi keselamatan berkendara ini,” ujar Muhib.

Yayasan AHM memiliki 24 tenaga pengajar safety riding anak usia dini yang sudah mendapatkan pelatihan dari instruktur safety riding PT Astra Honda Motor.

Sepanjang tahun 2023, mereka tercatat telah mengedukasi 20.712 anak usia 4 – 9 tahun. Mereka mengajar materi dasar-dasar keselamatan berlalu lintas, seperti rambu-rambu lalu lintas melalui media praktik berupa, sepeda anak push bike dan edukasi melalui permainan ular tangga.

Para pengajar ini menyebarkan pesan keselamatan berkendara tersebar di 2 lokasi yaitu Taman Lalu Lintas TLLA di Desa Kalihurip, Karawang Jawa Barat dan Zona Etika Lalu Lintas (ZELL) di Taman Pintar Yogyakarta.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!