Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Punya Propam, DPC Peradi Denpasar Siap Cubit Advokat Nakal

SALAM BERJAYALAH: Ketua Dewan Pimpinan Nasional Peradi SAI, Dr. Juniver Girsang, SH., MH. lantik 84 Pengurus DPC Peradi SAI Denpasar Masa Bakti 2022-2026, Jumat, 9 September 2022 malam.    

 


KUTA, Balipolitika.com
 Peradi SAI Denpasar Jaya dan Mulia menjadi tema pengangkatan 55 anggota baru dan pelantikan 84 Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (DPC Peradi SAI) Denpasar masa bakti 2022-2026.

Ditetapkan di Jakarta, 18 Juli 2022, Surat Keputusan Dewan Pimpinan Nasional (SK DPN) Peradi SAI nomor: kep.063/Peradi.DPN/VII/2022 tentang kepengurusan baru tersebut dibacakan oleh Ketua Komite Organisasi dan Keanggotaan DPN Peradi SAI, A.J. Harris Marbun, MH untuk selanjutnya dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional Peradi SAI, Dr. Juniver Girsang, SH., MH. di Hotel Arya Duta, Kuta, Jumat, 9 September 2022 malam.

Selain Ketua DPC, turut dilantik Dewan Kehormatan Cabang dan Dewan Kehormatan Cabang Peradi SAI Masa Bakti 2022-2026.

Adapun Dewan Pengurus diketuai oleh I Wayan Purwita, SH, MH, CLA, Dewan Kehormatan diketuai I Made Suardana, SH, MH, Dewan Penasihat diketuai J. Robert Khuana, SH, MH, CLA, dan Dewan Pakar diketuai Prof. Dr. I Wayan Wesna Antara. Dalam menjalankan tugasnya, Purwita dibantu oleh Wakil Ketua, Giovanni Melianus TL, SH, MH, CLA, dan Ni Putu Sawitri, SH, MH, Cp.Med; Sekretaris I Nengah Jimat, SH, dan Wakil Sekretaris Gede Erlangga Gautama, SH, MH dan Tri Utomo Wiryantono, SH, MH; Bendahara Pande Putu Maya Arsanti, SH, MH dan Wakil Bendahara I Nyoman Yudara, SH, dan AA Istri Mahaputri, SH,; serta Humas Ida Bagus Bayu Brahmantya, SH, MH dan Arindi Ayudia Darmayanti, SH, MKn.

Kerja DPC Peradi SAI Denpasar yang dinakhodai Purwita juga ditopang sejumlah bidang, yakni Bidang Keanggotaan dan Pengembangan Organisasi (koordinator Johanes Maria Vianney Graciano, SH, MH); Bidang Pendidikan dan Pengembangan Kualitas Anggota (koordinator Dr. I Gusti Agung Ayu Gita PD, SH, MH); Bidang Kerjasama Antar Organisasi dan Instansi (koordinator Jupiter Gul Lalwani, SH); Bidang Perempuan dan Perlindungan Anak (koordinator Narcis, SH); Bidang Pembelaan Profesi Advokat (koordinator I Made Kariada, SE, SH, MH); Bidang Seni, Olahraga, dan Lingkungan Hidup (koordinator I Wayan Gede Yudiana, SH, MH, CLA); Bidang Sosial Kerohanian dan Kemasyarakatan (koordinator IGA Eka Pertiwi, SH, MH); dan Bidang Penelitian dan Pengelolaan Isu Strategis (koordinator I Made Somya Putra, SH, MH).

Purwita menegaskan pihaknya telah menjalankan instruksi DPN Peradi SAI di bawah kepemimpinan Juniver Girsang terkait regenerasi alias peralihan tambuk kepemimpinan dari generasi tua ke muda.

“Tema yang kami usung adalah DPC Peradi SAI Denpasar jaya dan mulia. Jaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti selalu berhasil atau sukses. Untuk mewujudkan visi ini salam kami adalah berjayalah. Kami berharap melalui salam ini secara alam bawah sadar akan terbentuk kepribadian yang pantang menyerah dan bermental pemenang, bukan pecundang. Sementara mulia berarti bermartabat, berbudi luhur, bermutu tinggi, dan berharga. DPC Peradi SAI Denpasar mewujudkan visi ini dari pembentukan dasar karakter advokat sejak PKPA atau pendidikan khusus profesi advokat. PKPA kami gelar satu setengah bulan karena benar-benar ingin memberikan yang terbaik bagi calon advokat,” tegasnya.

Terang Purwita DPC Peradi SAI Denpasar merupakan satu-satunya yang memiliki alat kelengkapan berupa dewan kehormatan sehingga jika ada anggota yang melanggar kode etik bisa disidang langsung di Bali.

Posisi Dewan Kehormatan DPC Peradi SAI Denpasar ini jelas Purwita layaknya propram pada institusi kepolisian yang bertugas mengurus para anggotanya yang berbuat tidak semestinya alias melanggar.

Layaknya propam, Dewan Kehormatan DPC Peradi SAI Denpasar berhak “mencubit” alias mengadili pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh para advokat yang bernaung di bawah benderanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Giovanni Melianus mengatakan acara tersebut merupakan lanjutan suksesi Musyawarah Cabang Peradi SAI Denpasar pada 20 Mei 2022 yang memilih Purwita sebagai ketua. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!