Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Pantai Kuta Kumuh, Giri Prasta: Pemkab Badung Siap Berbenah

TINDAK LANJUT: Bupati Giri Prasta saat mendampingi Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Kapolda Bali Irjen. Pol IB. Kade Putra Narendra dan Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Sachono di acara kolaborasi gerakan kebersihan lingkungan, Jumat, 26 Januari 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menegaskan bahwa jajaran Pemerintah Kabupaten Badung bersama Desa Adat Kuta berkomitmen penuh untuk menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Bali dalam menata kawasan Pantai Kuta agar terhindar dari kesan kumuh, sehingga keberlanjutan industri pariwisata Kuta bisa terjaga dengan baik.

“Kita akan segera adakan rapat dengan Desa Adat Kuta,biar betul-betul arahan dari Bapak Pj. Gubernur bisa kita implementasikan dengan baik. Terkait patroli keamanan, Bapak Wakapolda juga menyampaikan bahwa Kuta ini milik bersama, Beliau sudah siap untuk melaksanakan hal itu. Dan kaitannya dengan penataan dan pemeliharaan Pantai Kuta saya pastikan nanti dilakukan dengan baik. Ini harus kita jaga arahan Bapak Pj Gubernur, pintu masuk Bali adalah Kuta, wajah Bali adalah Kuta, dan Tuban itu ada di Kuta,” demikian ujar Bupati Giri Prasta seusai mendampingi Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Kapolda Bali Irjen. Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra dan Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Sachono di acara kolaborasi gerakan kebersihan lingkungan bersama Pemprov Bali, TNI/Polri dan Pemkab Badung di Pantai Kuta, Jumat, 26 Januari 2024.

Turut hadir Sekda Wayan Adi Arnawa, Kadis LHK I Wayan Puja, Kadis Pariwisata Nyoman Rudiarta, Kadis PUPR IB Surya Suamba, Camat Kuta D. Ngurah Bayudewa, Lurah Kuta dan Bendesa Adat Kuta.

Pada kesempatan itu, Bupati Giri Prasta mengajak OPD terkait, camat hingga desa adat membangun komunikasi yang bersinergi terkait pengelolaan pantai Kuta, agar wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Kuta selalu merasa nyaman dan betah.

“Pariwisata membutuhkan sentuhan atau touch. Saya kira ini harus kita lakukan dengan baik sehingga tindak lanjut terhadap penataan pantai kuta ini harus jelas. Bapak Pj. Gubernur luar biasa perhatiannya kepada Badung, untuk itu kita harus tegak lurus dan semoga Beliau bisa selalu memberikan pengawasan pada kita semua. Terlebih nanti bulan Maret akan ada event WBF di Badung dan Bali. Ini jauh lebih besar dari G20 dan Kuta juga akan dipakai. Maka segera kita akan rapat dengan prajuru desa adat, mencari solusi bersama. Kami Pemkab Badung dengan masyarakat Desa Adat Kuta wajib berbenah sesuai arahan bapak Pj. Gubernur,” ucap Giri Prasta.

Sementara itu, Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mengatakan Pantai Kuta merupakan tempat yang luar biasa.

Namun ada kesan, tempat yang sudah direvitalisasi oleh Bupati Badung dengan menggunakan dana yang tidak sedikit ini, terkesan menjadi kumuh.

Lebih lanjut dirinya menyebut mendapatkan beberapa komplain terkait kondisi pantai Kuta, di mana banyak wisatawan yang mengeluh, menyatakan kekecewaannya dengan wajah pantai Kuta yang sudah sangat bagus, tetapi karena tidak dijaga dengan baik terkesan tidak seindah ada yang di foto.

Dari luar pagar terlihat pemandangan yang tidak jelas, ada banyak kios-kios kosong dan lain sebagainya.

“Setelah kita masuk kedalam lebih kumuh lagi kesannya. Karena lingkungan yang telah ditata dengan sedemikian baik, kios-kios dibangun menggunakan kayu mahal yaitu kayu ulin, tetapi di belakangnya banyak tumpukan sampah. Karena pantai Kuta ini dikelola oleh desa adat, saya minta tolong ini dijaga dengan baik yang sudah dibuat bagus ini. Apalagi Bapak Bupati Badung sudah begitu luar biasa memikirkan Kuta, ini yang harus kita jaga, kawasan Kuta yang luar biasa, wajahnya Bali. Ida Sang Hyang Widhi Wasa telah memberikan anugerah alam yang luar biasa kepada masyarakat Kuta, jadi taksunya harus tetap dijaga,” tegasnya.

Di sisi lain Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana menyampaikan bahwa pihak Kepolisian siap memberikan atensi keamanan khusus bagi wilayah Kuta dan sekitarnya dengan melakukan evaluasi dan mapping sampai ketempat-tempat yang tidak terjangkau.

Agar kejadian yang terjadi di daerah Canggu dan tempat lainnya dimana ada begal dan lain sebagainya segera bisa ditindak lanjuti.

“Keterbatasan bukan menjadi masalah, kita tetap carikan solusi. Kalau seandainya, mohon maaf Polri tidak cukup, kita akan mohon bantuan kepada Bapak Panglima untuk patroli gabungan TNI-Polri. Nanti kita turun bersama untuk mengentaskan permasalahan tersebut. Masyarakat juga jangan canggung-canggung memberikan informasi, langsung saja laporkan, kami siap dikoreksi, kami siap membantu masyarakat, kami siap untuk mendukung ketertiban bersama. Apalagi menjelang Pemilu, mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas,” ujarnya.

Terkait dengan permasalahan yang ada di pantai Kuta, Wakapolda meminta Bendesa dan Krama Desa Adat Kuta untuk bermusyawarah mencari solusi yang terbaik, agar Bupati Giri Prasta bisa segera menjembatani semua hal terkait pengelolaan pantai kuta secara berkelanjutan.

“Kalau pantai Kuta kumuh, wisatawan akan pindah ketempat lain, ini yang kita takutkan nanti. Tolong ini dipertahankan. Sebagai destinasi dunia, Kuta ini harus tetap lestari. Siapa yang menjaganya ya kita. Nanti Jero Bendesa bersama krama, silahkan dikoordinasikan carikan solusi yang terbaik untuk kebersamaan kita,” tutup Wakapolda Bali. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!