Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kuliner

BBPOM di Denpasar Pastikan Kuliner PKB Ke-44 Aman

TESTING: Tim Operasional Laboratorium Keliling BBPOM di Denpasar mengecek sampel makanan yang diambil satu per satu gerai kuliner di ajang PKB ke-44, Rabu, 29 Juni 2022.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Team Operasional Mobil Laboratorium Keliling Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Denpasar dengan perlengkapan rapid test kit mengelilingi area kuliner Pesta Kesenian Bali ke-44.

Petugas melakukan sampling dan pengujian kandungan bahan berbahaya pada makanan dan minuman yang dijual.

Bahan berbahaya yang dikhawatirkan di antaranya borax, formalin, Rhodamin B, dan Methanil Yellow.

Dari 11 sample makanan yang disampling dicurigai mengandung bahan berbahaya di antaranya nasi bungkus, mie kuning, bakso ayam, bakso ikan, bakso korea, cumi pedas manis, kepiting, terasi, dan bijik merah.

Hasil uji cepat menunjukkan hasil semua makanan tersebut tidak mengandung borax, formalin, pewarna textile Rhodamin B, dan Methanil Yellow.

Jadi dapat disimpulkan makanan yang dijual di area kuliner memenuhi syarat keamanan pangan.

Kepala Balai Besar POM di Denpasar, I Made Bagus Gerametta, Apt. berpesan agar para pedagang selalu  memperhatikan higiene dan sanitasi agar pangan bebas dari cemaran biologis.

Apalagi jika berjualan area terbuka, wajib menjaga higienis dan sanitasi, kebersihan makanan yang dijual maupun kebersihan pedagang.

“Dalam setiap kesempatan harus menjaga keamanan pangan supaya terhindar dari bahaya kimia, fisik, dan biologi. Bahaya kimia seperti borax, formalin, pewarna textil Rhodamin B dan Methanil Yellow. Sementara bahaya fisik seperti adanya kerikil, potongan kaca, isi streples, rambut, dan lain-lain. Bahaya biologi seperti adanya kuman karena dibawa oleh vektor seperti lalat, sehingga menyebabkan makanan tercemar mikroba,” ucapnya.

Jika perut sakit setelah jajan di arena kuliner PKB ke-44, masyarakat disarankan untuk sesegera mungkin memeriksakan diri ke puskesmas atau klinik kesehatan lainnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!