Pendidikan

Re-Orientasi Kurikulum

Guna Mendukung Program MBKM, FTP Unud Selenggarakan Re-Orientasi Kurikulum

 

JIMBARAN.Balipolitika.com– Fakultas Teknologi Pertanian selenggarakan Workshop Re-Orientasi Kurikulum dan Peninjauan Visi Misi pada Hari Rabu, 22 Juni 2022 di Gedung JA Fakultas Teknologi Pertanian Unud Kampus Bukit Jimbaran. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Seluruh Koordinator Program Studi di Lingkungan FTP Unud beserta Seluruh Dosen FTP Unud.

Re-Orientasi Kurikulum dilaksanakan untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan Workshop ini menghadirkan Narasumber Bapak Prof. Dr. Ir. G.P. Ganda Putra, M.P. selaku Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana yang juga merupakan salah satu Dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian dan dimoderatori oleh Dosen Program Studi Teknologi Pangan FTP Unud Ibu A.A.I. Sri Wiadnyani, S.TP., M.Sc. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh program studi di lingkungan FTP unud dan memperbaharui Buku Pedoman Akademik Program Sarjana FTP Unud sehingga didapatkan Buku Pedoman Akademik yang mendukung Program MBKM.

Dalam Pemaparannya Prof. Ganda menghimbau agar kurikulum yakni sistem dan pembelajaran pada Pendidikan tinggi khususnya FTP Unud dapat memiliki Kompetensi Abad-21 yaitu HOTS (Communication, Collaboration, Compassion, Critical Thinking, Creative Thinking, Computational Logic), Adaptive, Flexibel, Leadersip dan lainnya. Beliau juga menekankan terkait kurikulum pembelajaran yang harus berorientasi pada KKNI dan SN Dikti di Era Industri 4.0 agar dapat mendukung MBKM sehingga perlu adanya Literasi Baru untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 contohnya Literasi Data (Kemampuan untuk membaca, analisis, dan menggunakan informasi big data di dunia digital), Literasi Teknologi (memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi seperti coding. Artificial intelligence dan engineering principles) dan Literasi Manusia (Humanities, Komunikasi dan Design), Ujarnya.

Selain itu beliau juga menjelaskan terkait Perencanaan dan Pengaturan kurikulum 6 siklus, dokumen kurikulum, tahapan perancangan dokumen kurikulum, penetapan profil lulusan dan penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terdiri dari Sikap, Keterampilan Khusus dan Keterampilan Umum, Pembentukan Mata kuliah, pemilihan bahan kajian dan materi pembelajaran serta matriks kaitan antara CPL dengan bahan kajian hingga membahas terkait mata kuliah untuk pilihan MBKM.

Beliau berharap melalui Re-Orientasi Kurikulum dan dibentuknya kurikulum yang baru dapat membuat lulusan dan mahasiswa lebih kompetitif sehingga dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di FTP Unud, ia juga memaparkan perlu adanya orientasi baru sebab dengan adanya Era Revolusi Industri 4.0 literasi membaca menulis dan matematika tidak cuku sebagai modal dasar untuk berkiprah di Masyarakat, ujarnya. (lit/bp/www.unud.ac.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker