Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Vaksinasi PMK di Desa Kerta

Pelaksanaan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Kerta Kerjasama Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar

 

 

GIANYAR.Balipolitika.com– Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan Mahasiswa KKN PPM Universitas Udayana Periode XXV Tahun 2022 turut serta dalam pelaksanaan pemberian vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dilakukan secara bertahap di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar. Vaksinasi PMK dilakukan di Banjar Bunteh, Desa Kerta pukul 09.00 WITA pada hari Sabtu (23/7). Kemudian disusul dengan pelaksanaan vaksinasi PMK di Banjar Kerta, Desa Kerta, pada pukul 09.00 WITA pada hari Selasa (26/7) sampai hari Kamis (28/7). Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan salah satu tindakan kerjasama antara Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Mahasiswa KKN  Universitas Udayana yang bertugas di Desa Kerta dan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar demi mencegah meluasnya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku di Provinsi Bali.

Kegiatan vaksinasi PMK ini dilakukan bersama dengan pihak Dinas Pertanian Kabupaten yang dipandu oleh kelian dinas di banjar tempat vaksinasi dilaksanakan. Kegiatan pemberian vaksinasi ini diharapkan dapat membantu menekan angka sebaran kasus PMK yang menyerang hewan ternak di Indonesia, khususnya di Kabupaten Gianyar. Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan tingkat pengetahuan peternak terhadap pemahaman adanya penyebaran virus PMK.

Vaksinasi sudah terlaksana di 2 banjar yang ada di Desa Kerta yaitu Banjar Bunteh dan Banjar Kerta, Rencananya vaksinasi ini akan terus berlanjut agar merata di semua banjar yang ada di Desa Kerta. Vaksinasi diawali dengan briefing Bersama, kemudian dipecah menjadi 3 tim agar vaksinasi berjalan dengan cepat dan efisien. Di banjar bunteh 200 ekor sapi telah divaksinasi dalam satu hari dan di banjar kerta 689 ekor sapi telah divaksinasi dalam 3 hari.

Pelaksanaan vaksinasi ini disambut baik oleh para peternak yang sangat antusias, tentunya mereka merasa terbantu dari adanya pemberian vaksinasi PMK gratis, sekaligus mendapat pengetahuan terkait PMK. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan dampak positif bagi para relawan yang merupakan mahasiswa dari FKH Universitas Udayana, maupun dari mahasiswa KKN Universitas Udayana karena dari adanya kegiatan ini relawan menyampaikan merasa ikut turut belajar dalam pengembangan diri. Rangkaian vaksinasi PMK ini akan terus dilanjutkan secara menyeluruh di desa-desa lainnya di Kabupaten Gianyar. (bp/lit/www.unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!