Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pariwisata

The Apurva Kempinski Bali dan Partner Lokal Bersatu Inspirasi Masyarakat

GO GREEN: Sustainable Wedding: Inisiatif berbagai partner sustainable di Indonesia dalam upaya mengurangi jejak karbon di acara pernikahan.

NUSA DUA.Balipolitika.com– The Apurva Kempinski Bali dan para partner lokal bersama-sama menginspirasi untuk menyampaikan topik sustainability berupa Sustainable Wedding Package. Untuk mempromosikan gerakan ini, beberapa partner yang memiliki visi yang sama, seperti Designmill Co., SukkhaCitta, Puri Ata, Taga Woodcraft, Plaga Farm, Tanamera Coffee, dan Balian Water ikut terlibat.
Designmill Co. bergabung dan menyumbangkan keahlian mereka di bidang dekorasi. Kertas daur ulang, kursi kayu, dan tanaman pot digunakan untuk menghias venue. Sementara kain yang terbuat dari bahan alami akan tergantung indah sebagai bagian dari dekorasi.

Dekorator ini juga menggandeng fashion label Kaeen yang dikenal menuangkan kreativitas Indonesia ke dalam setiap karya mereka. Partner lain yang terlibat di bidang fashion industry adalah SukkhaCitta. Label ini berperan dalam pembuatan gaun pengantin. Sebagai sebuah perusahaan sosial yang telah memenangkan penghargaan, SukkhaCitta berfokus untuk mengubah kehidupan masyarakat di pedesaan Indonesia. SukkhaCitta diakui dengan sertifikasi B-corp, yang secara eksklusif diberikan kepada perusahaan yang memberikan dampak sosial dan lingkungan yang positif.

Puri Ata dan Taga Woodcraft menyediakan kerajinan tangan lokal mereka, sebagai souvenir dari sustainable wedding. Sementara untuk makanan dan minuman, Plaga Farm menjadi partner yang menunjukkan akuntabilitas terhadap masyarakat dan lingkungan. Demikian pula dengan bahan-bahan lainnya yang diambil dari produsen lokal. Tanamera Coffee dan Balian Water diundang untuk turut berpartisipasi sebagai merek yang berkomitmen untuk menjaga ekosistem dan komunitas tempat mereka berproduksi.

Sejak resmi berdiri pada 1 Februari 2019, The Apurva Kempinski Bali telah melaksanakan serangkaian program sustainability. Penggunaan plastik sekali pakai, seperti sedotan plastik, telah diganti produk yang dapat terurai. Selain itu, resor ini juga menggunakan area rooftop mereka untuk menanam berbagai jenis tanaman hijau, yang akan digunakan sebagai salah satu bahan dapur di resor. Penumbunan tanaman mengunakan sistem hidroponik dan budidaya tanah.

Artefak Green Linen diperkenalkan kepada para tamu sebagai cara untuk meningkatkan pengalaman lokal mereka. Program ‘Linens for Life’ yang merupakan hasil kolaborasi dengan Diversey menyediakan masker gratis yang terbuat dari daur ulang kain linen hotel yang bersih dan higienis. Sementara itu, program Soap for Hope memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses sabun, Sabun dari resor dipotong, didesinfeksi, dan ditekan secara bersamaan untuk membentuk batang sabun baru.

“Dengan mengenalkan inisiatif baru, kami berharap untuk dapat menginspirasi banyak orang untuk melibatkan aspek sustainability ke dalam kehidupan mereka sehari-hari,” kata General Manager, Vincent Guironnet. “Hal ini akan menjadi lebih besar saat para partner bersatu, untuk menghasilkan cara pikir baru dan membuat perubahan,” sambungnya. (lit/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!