Pendidikan

“Mengembangan Citizen Journalism”

Sambut HUT Ke-21, LPM Khlorofil Gelar Webinar Citizen Journalism

 

JIMBARAN.Balipolitika.com– Memperingati hari ulang tahun (HUT) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Khlorofil ke-21 yang jatuh pada 1 Mei 2022. Acara ini dirayakan dengan menggelar webinar dan talkshow  selama dua hari secara berturut-turut. Tema webinar yang diusung, “Mengembangan Citizen Journalism” dilaksanakan secara virtual melalui Aplikasi Zoom meeting pada Sabtu, (07/05/22).

Acara diawali dengan pembukaan, doa, serta sambutan dari pimpinan umum dan dosen pembina LPM Khlorofil. Acara webinar resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, MM.

LPM Khlorofil, salah satu lembaga Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Pertanian (OKFP) menjadi media pertanian dan wadah aspirasi mahasiswa. Webinar kali ini  menghadirkan seorang narasumber, Iin Valentine.

Iin sudah terjun langsung di dunia jurnalisme warga sejak November 2019. IIn yang merupakan alumni dari program studi ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana saat ini tergabung dalam media alternatif Bale Bengong yang sering mengedukasi warga desa di daerah selatan Bali untuk menulis berita sesuai kaidah jurnalistik, serta melakukan editing dan mengkonfirmasi akurasi tulisan tersebut.

Iin mengungkap, setiap warga adalah pewarta.  Hal ini merupakan bentuk dari revolusi media menuju tren media yang baru dengan adanya kebebasan pers. “Dalam jurnalisme warga, masyarakat menjadi napas dari suatu berita” ujarnya.

Jika melirik ke belakang, dalam jurnalistik umumnya warga hanya menjadi konsumen, tetapi saat ini peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam produksi berita. Masyarakat bisa berpartisipasi dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, dan analisis informasi dalam berita. Saat ini berita dapat berasal dari warga dan untuk warga.

Pemahaman ini yang mendasari lahirnya Bale Bengong sebagai media alternatif untuk mendapatkan informasi yang berada di daerah selatan Bali. Bale Bengong tidak bisa dianggap remeh karena kehadirannya dapat membantu orang-orang sekitar. Peran-peran besar Bale Bengong yaitu sebagai tempat sumber media arus utama, tempat diskusi warga, suara alternatif, penyeimbang media arus utama dan dapat membangun kepercayaan warga.

Walaupun webinar HUT LPM Khlorofil ini diselenggarakan dalam bentuk online melalui Zoom meeting, tetapi tidak mengurangi esensi dan antusiasme dari berbagai pihak. Acara berlangsung selama 100 menit dengan lancar dibarengi dengan pemaparan materi yang menarik. Selain itu, adanya sesi diskusi antara narasumber dengan peserta menambah keseruan acara.

Connie Virginia Yunistria Nainggolan, selaku ketua panitia HUT LPM Khlorofil ke-21 menjelaskan, webinar bertujuan untuk memberikan ilmu mengenai jurnalisme berdasarkan kaidah dan etika dalam jurnalistik. Acara webinar dibuka untuk umum dan secara khusus mengundang Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di wilayah Bali seperti LPM PCYCO, LPM LINIMASSA, LPM SUARA SATWA, LPM KANAKA, LPM MEDIKOM, LPM MAESTRO, LPM Mandiri, LPM Garis, LPM Brahmastra, UPJ Singhadwala dan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia).  Lembaga pers mahasiswa secara khusus diundang dengan tujuan untuk mempersatukan dan mempererat hubungan.

Persiapan acara webinar dilakukan selama dua minggu, connie beserta tim panitia mampu menyukseskan acara. Di tengah waktu yang terbilang singkat dan adanya kendala-kendala di lapangan, gadis berambut pendek ini awalnya ragu jika acara dapat berjalan lancar. Akan tetapi adanya bantuan, dorongan, dan motivasi dari alumni yang hadir. Kerjasama inti fungsionaris LPM Khlorofil dan panitia maka acara ini dapat terselenggara dengan lancar. Connie berharap acara webinar ini mampu memberikan ilmu yang bermanfaat kepada peserta, undangan, bahkan panitia dan menjadi awal yang baik untuk membangun kembali relasi antara Lembaga Pers Mahasiswa yang ada di Bali. (Nisart, BSD, /Khlorofil). (bp/lit/www.unud.ac.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker