Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Andalkan SMA Bali Mandara, Koster Dihadang Ganjar, Anies, Kang Emil di Final KIP 2022

SEMOGA JUARA: Gubernur Bali, Wayan Koster mendapatkan undangan khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia untuk mempresentasikan inovasi SMA Negeri Bali Mandara yang lolos ke final Kompetisi Inovasi Publik Tahun 2022, Jumat, 8 Juli 2022.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Gubernur Bali, Wayan Koster mendapatkan undangan khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia untuk mempresentasikan inovasi SMA Negeri Bali Mandara yang lolos ke final Kompetisi Inovasi Publik Tahun 2022, Jumat, 8 Juli 2022.

Seandainya Koster memenuhi permintaan almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo untuk mempresentasikan langsung inovasi SMA Bali Mandara berjudul “Mencerdaskan Si Miskin Menjadi Generasi Emas”, maka mantan DPR RI 3 periode sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Bali itu akan beradu gengsi dengan sejumlah tokoh nasional.

Mengacu surat resmi dengan nomor B/307/M.PP.00.05/2022 dengan lampiran 1 berkas perihal undangan tahap presentasi dan wawancara Kompetisi Inovasi Publik Tahun 2022 ini ditujukan kepada Gubernur Bali Wayan Koster tanggal 20 Juni 2022, diketahui Koster akan berhadapan dengan 8 orang gubernur.

Pertama, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang disebut-sebut memiliki kans besar sebagai calon presiden RI menggantikan Joko Widodo.

Di final, Ganjar Pranowo membawakan inovasi TELE APIK PLUS, TEyeng ndeLEng (dapat melihat) Antrian Pendaftaran lan (dan) poliklinIK MemPermudah Layanan Pasien dan EvalUasi Kinerja Dokter Spesialis).

Kedua, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sosok mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla juga dikait-kaitkan dengan Pilpres 2024 sebagai sosok presiden.

Bersaing dengan Koster, Anies Baswedan membawakan inovasi berjudul Bunga Tanjung, Pusat Pelayanan Terpadu Kekerasan Perempuan dan Anak.

Ketiga, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membawakan inovasi berjudul Si Perut Laper, yakni Sistem Informasi Peta Peruntukan Lahan Perkebunan.

Keempat, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Eks Menteri Sosial Indonesia ke-27 yang menjabat sejak 27 Oktober 2014 hingga 17 Januari 2018 itu diagendakan membawakan inovasi berjudul Klinik BUM Desa dan Under Water Restocking-UWR UWR 2.0 untuk Menjaga Ekosistem Laut dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat Pesisir.

Kelima, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan inovasi berjudul Sepatu Jolifa, Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library for All.

Keenam, Gubernur Kalimantan Barat, Haji Sutarmidhi membawakan inovasi pelayanan publik berjudul BANG ELIS HADIR, Kampung Kami Jadi Terang; Pembangkit Energi Listrik Tenaga Matahari di Daerah Pedalaman Kalbar.

Ketujuh, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor membawakan inovasi bernama SIMPATOR.

Kedelapan, Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki membawakan inovasi Layanan Terapi Ablasi Gondok Tanpa Operasi (TAGTO) dan Teumuleh Jeut Bagah Puleh (Menulis Agar Cepat Pulih) yang merupakan layakan di bidang kesehatan jiwa.

Seperti diberitakan sebelumnya, mengacu surat resmi yang ditandatangani dengan cap basah oleh alm. Tjahjo Kumolo diterangkan bahwa inovasi Provinsi Bali lewat SMA Negeri Bali Mandara dinyatakan sebagai Finalis Top Inovasi Publik 2022.

“Selanjutnya akan dilakukan penilaian dalam tahap presentasi dan wawancara guna mendapatkan Top Inovasi Terpuji pada KIPP 2022. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Saudara (Gubernur Bali, Wayan Koster, red) untuk menyampaikan presentasi sekaligus diwawancarai secara virtual di hadapan Tim Panel Independen. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 24 Juni sampai dengan 12 Juli 2022 dengan waktu sesuai jadwal terlampir,” demikian bunyi surat resmi Tjahjo Kumolo.

“Kami sangat menghargai apabila Saudara (Gubernur Bali, Wayan Koster, red) secara langsung dapat mempresentasikan sendiri sebagai bagian dari komitmen pimpinan instansi tertinggi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya di bidang peningkatan kualitas pelayanan public melalui inovasi pelayanan publik” demikian tertulis pada surat resmi dengan lampiran 1 bernomor B/307/M.PP.00.05/2022 tertanggal 20 Juni 2022.

Adapun surat tersebut ditujukan kepada 9 orang Gubernur, yakni Gubernur Aceh, Gubernur Bali, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Kalimantan Barat, dan Gubernur Kalimantan Timur.

Dalam pengumuman Nominasi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian atau Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2022 nomor B/248/PP.00.05/2022 yang ditandatangani Deputi Bidang Pelayanan Publik selaku Ketua Tim Sekretariat KIPP 2022, Diah Natalisa, dijabarkan bahwa inovasi pelayanan publik Provinsi Bali lewat Sekolah Bali Mandara mampu bersaing dengan 1.917 inovasi lain se-Indonesia.

Meski berpretasi di jenjang nasional dan internasional, Gubernur Bali Wayan Koster melalui Koordinator Kelompok Ahli Pembangunan Prof. Dr. I Made Damriyasa yang juga Rektor UNHI Denpasar, menegaskan bahwa Sekolah Bali Mandara merupakan produk gagal sehingga mulai tahun ajaran 2022/2023 keistimewaan SMAN Negeri Bali Mandara berakhir.

Tidak ada lagi rekruitmen siswa miskin khas SMAN Bali Mandara yang harus melalui sekian kali seleksi ke pelosok-pelosok Bali dengan memakan waktu selama 6 bulan.

SMAN Bali Mandara yang ditopang oleh guru-guru muda berprestasi akan menjadi sekolah biasa-biasa saja. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!