Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

PHK Meroket, Lapangan Kerja Kosong, Unmas Gelar Wisuda 3 Hari

GELAR SARJANA: Rektor Unmas Denpasar, Dr. I Made Sukamerta, M.Pd. dalam wisuda ke-63 di BNTDC Nusa Dua beberapa waktu lalu.

 

 

DENPASAR.Balipolitika.com– Persaingan para pencari kerja ke depan dijamin akan lebih ketat. Pasalnya, dalam kondisi lapangan kerja yang tipis, dan meroketnya pengangguran, Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar melaksanakan wisuda ke-63. Tak main-main, wisuda ini dilaksanakan dalam tiga sesi, yaitu 26-28 April 2022. Dari tiga sesi itu, 94% menyelesaikan studi tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa Unmas Denpasar berkomitmen untuk senantiasa mendampingi mahasiswa agar mereka dapat menyelesaikan studi tepat waktu.

 

Dalam kesempatan ini, Rektor Unmas Denpasar, Dr. I Made Sukamerta, M.Pd. menyampaikan ucapan selamat kepada orang tua dan keluarga wisudawan atas nama lembaga. “Selamat Berbahagia atas keberhasilan putra, putri, suami, istri yang diwisuda hari ini. Kami juga menyampaikan terima kasih karena Bapak/Ibu sudah mempercayakan proses pendidikan di Unmas Denpasar. Kami berharap kebahagiaan hari ini akan menjadi awal untuk menata masa depan yang lebih baik demi keluarga tercinta serta semoga gelar yang telah diraih hari ini dapat dijadikan motivasi untuk berkontribusi pada peningkatan kinerja serta jenjang karir di masa depan,” ungkapnya.

 

I Made Sukamerta juga menyampaikan beberapa capaian yang telah diperoleh Unmas Denpasar tahun 2021. “Unmas Denpasar saat ini sudah mendapat peringkat akreditasi “Baik Sekali” untuk akreditasi perguruan tinggi. Untuk akreditasi program studi, tujuh program studi sudah mendapat nilai A, dan 14 program studi mendapat nilai B. Hal ini menunjukkan bahwa mutu Unmas Denpasar telah diakui oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Di samping itu, pengakuan oleh masyarakat ditunjukkan dengan animo mahasiswa baru yang selalu konsisten. Di masa pandemi covid-19, kami bersyukur jumlah mahasiswa yang kami terima untuk tahun ajaran 2021/2022 adalah sebanyak 2.595 orang sesuai dengan daya tampung yang kami miliki,” ucapnya.

 

Unmas Denpasar juga meraih SNI ISO 9001:2015 yang menjadi acuan dalam menjaga budaya mutu dan manajemen di lembaga ini. Berdasarkan Audit SNI ISO yang telah dilaksanakan tanggal 8 s.d. 9 April 2021, Unmas Denpasar juga telah meraih SNI ISO 21001:2018. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen pimpinan di lingkungan Unmas Denpasar untuk meningkatkan budaya mutu sistem manajemen organisasi pendidikan dalam menghadapi perkembangan dan tantangan yang sangat dinamis ini serta Smart Society 5.0.

 

Sejalan dengan Rencana Operasional Unmas Denpasar Tahun 2022, Unmas Denpasar sedang berupaya dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan dosen ke jenjang S3. Saat ini, Unmas Denpasar telah memiliki 12 doktor baru dan 72 dosen lainnya sedang menempuh studi lanjut S3. Hal ini juga menunjang kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di lingkungan lembaga, sehingga tahun 2021 Unmas Denpasar menempati posisi 10 besar tingkat nasional dalam perolehan dana pengabdian masyarakat dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek/BRIN.

 

Terkait pelaksanaan program MBKM oleh Kemdikbudristek, Unmas Denpasar sudah mengikuti berbagai Bentuk Kegiatan Pembelajaran diantaranya: Kampus Mengajar Angkatan 1, 2 dan 3, Studi Independen, KKN Tematik, Riset Keilmuan dan KMMI. Untuk Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021, tercatat 67 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang mengirimkan mahasiswanya untuk kuliah di Unmas Denpasar. Di samping itu, 10 orang mahasiswa Unmas Denpasar juga mengikuti perkuliahan di BSRU Thailand selama satu semester melalui program International Credit Transfer dari Kemdikbudristek. Selain program MBKM dari Kementrian, Unmas Denpasar juga melaksanakan program MBKM secara mandiri melalui kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri serta para stakeholders yang terkait. (lit/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!