Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Giri Prasta Guyur Rp100 Miliar Hibah dan BKK di Jembrana

Badung Angelus Buana

BADUNG ANGELUS BHUANA: Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat menyerahkan hibah dan BKK Senila Rp100 miliar lebih di Kabupaten Jembrana, Kamis, 4 April 2024.

 

JEMBRANA, Balipolitika.com- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sambangi Kabupaten Jembrana dengan tujuan melanjutkan program Badung Angelus Buana.

Badung Angelus Buana yang bermakna “Badung Berbagi dari Badung untuk Bali” ini merupakan program dalam membantu pembangunan fisik untuk menyejahterakan masyarakat.

Khusus di Kabupaten Jembrana disalurkan dana hibah kepada 134 penerima yang tersebar di 5 kecamatan dengan total jumlah bantuan sebesar Rp18.993.712.000, dan bantuan keuangan khusus (BKK) yang diserahkan kepada 36 penerima, dengan total jumlah bantuan sebesar Rp83.050.000.000.

Turut mendampingi Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Ka. BPKAD Badung Ida Ayu Istri Yanti Agustini, Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, Kepala Kesbangpol I Nyoman Suendi, Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Anak Agung Gede Rahmadi, Kabag Prokompim I Made Suardita, Kabag Umum I Nyoman Artaka, Kabag Kesra I Putu Sudika, dan OPD Terkait di lingkungan Kabupaten Badung, Kamis, 4 April 2024.

Bertempat di GOR Kresna Jvara Jembrana, kehadiran Bupati Giri Prasta bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Nyonya Candrawati Tamba, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi, Forkopimda Kabupaten Jembrana, Sekda Jembrana I Made Budiasa, Kepala BPKAD Jembrana I Komang Wiasa, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Jembrana dan Ribuan Masyarakat Jembrana.

Bupati Giri Prasta mengatakan bahwa pelaksanaan penyerahan hibah dan BKK kepada daerah lainnya di Provinsi Bali dipandang selaras dengan 6 prinsip dasar pembangunan Kabupaten Badung yakni Pro Growth (keberpihakan pada berorientasi pada sektor perekonomian), Pro Job (keberpihakan berorientasi pada lapangan pekerjaan), Pro Poor (keberpihakan berorientasi pada kemiskinan), Pro Culture (keberpihakan pada Berorientasi pada adat dan budaya).

“Sederhananya Jembrana boleh maju tapi dengan kemajuan Jembrana jangan sampai menggerus akar adat dan budaya, Pro Environment (kebijakan yang berorientasi dengan peduli lingkungan) dan terakhir Pro Law Enforcement (kebijakan yang berorientasi kepada regulasi peraturan perundang-undangan). Maka kita sebagai umat beragama apapun, semasih kita di Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib kita tegak lurus dengan regulasi, artinya Undang-Undang inilah yang mengatur kehidupan dan berkehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Bupati Badung.

Lebih Lanjut Bupati Giri Prasta menyampaikan, tujuan penyerahan dana hibah merupakan bentuk komitmen dari program ‘Badung Angelus Buana’ dimana tujuan dari program ini tidak lain untuk meringankan beban masyarakat.

“Ketika kita lakukan program dana hibah ataupun bkk, disini akan muncul namanya pemerataan ekonomi, disini juga akan muncul pemerataan pembangunan dan ketika pemerataan pembangunan dan ekonomi ini muncul kami pastikan di wilayah kita ini, di Pulau Dewata ini akan tercipta yang dimaksud dengan kesejahteraan yang berkeadilan. Dan juga tujuan program ini untuk mempercepat pembangunan yang ada di Kabupaten Jembrana dan hubungan sinergitas ini kita lakukan dengan baik, prinsip saya semakin banyak yang kita ajak bekerja semakin ringan beban masyarakat, yang ada itu prinsip kami, yang penting program ini keluar dari zona nyaman yang tidak melanggar regulasi kita jalankan,” jelasnya.

Bupati Giri Prasta juga berpesan kepada masyarakat penerima hibah agar selalu bersatu padu melaksanakan semua program pembangunan di wilayah masing-masing.

“Kita semua semeton Bali, umat sedharma harus bersatu membangun infrastruktur, sarana dan prasarana di berbagai bidang. Demikian pula di bidang keagamaan sebagai wujud sradha dan bhakti sebagai umat Hindu. Dan terakhir saya ingin sampaikan siapapun yang mendapatkan bantuan agar betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. jangan sampai bantuan ini dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu saja,” pesan Bupati Giri Prasta.

Sementara itu ucapan selamat datang Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemerintah Kabupaten Badung dengan Program Angelus Buana yang merupakan program untuk mensejahterakan masyarakat.

Seperti sekarang ini hadir di Kabupaten Jembrana untuk menyalurkan bantuan hibah dan bkk sebesar Rp 100 miliar lebih yang tersebar di 5 Kecamatan yang ada di Jembrana.

“Kami sangat terharu dan sekali lagi mengucapkan banyak-banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Giri Prasta beserta jajaran Pemkab Badung karena telah bersedia hadir di Kabupaten Jembrana dalam rangka penyaluran dana hibah secara langsung kepada masyarakat Kabupaten Jembrana. Dana hibah yang beliau salurkan untuk masyarakat Jembrana sangatlah besar, dan ini wujud rasa sayang beliau kepada kita masyarakat Jembrana,” ungkapnya.

Disampaikan juga Bupati Jembrana kepada Bupati Giri Prasta agar terus melanjutkan program Angelus Buana karena program ini benar-benar membantu masyarakat yang saat ini khususnya masyarakat Jembrana.

“Apalagi bantuan yang diberikan kepada kami hampir menyamai pendapatan PAD kami yang ada di Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Badung kami anggap sebagai orang tua angkat kami di Kabupaten Jembrana. Untuk itu kami ajak seluruh masyarakat Jembrana untuk mendoakan agar Kabupaten Badung tetap menjadi kabupaten yang pendapatan PADnya terbesar di Bali dan selalu membantu kami di Jembrana,” imbuhnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!