Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Uncategorized

Universitas Udayana Selenggarakan Penyusunan Pedoman Akuisisi Arsip Statis

Universitas Udayana selenggarakan acara Penyusunan Pedoman Akuisisi Arsip Statis bertempat di Ruang Bangsa Kampus Bukit Jimbaran. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Umum Ni Made Pertami Susilawati SE., MM. didampingi Koordinator TU, RT dan HTL I Wayan Gayun Widharma, SE.,M.Si dan Sub Koordinator Unit Kearsipan Putu Rosa Martika, S.Sos. Kamis (31/3/2022).

 

BADUNG, Balipolitika.com-Arsip statis adalah  arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan dan termasuk dalam kategori permanen dalam jadwal retensi arsip yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia atau lembaga kearsipan.

Kepala Biro Umum Ni Made Pertami Susilawati SE., MM. dalam arahnya menyampaikan, sebelumnya dilaksanakan kegiatan  Penilaian Prestasi Kerja Jabatan Fungsional Arsiparis, dan pada kesempatan ini dilaksanakan Penyusunan Pedoman Akuisisi Arsip Statis.  Akuisisi Arsip Statis merupakan hal yang sangat penting dimana arsip-arsip yang dilakukan oleh pencipta arsip, nantinya akan diakuisisi dan dibawa ke lembaga kearsipan. Universitas Udayana saat ini sudah mempunyai unit kearsipan di bawah Sub Koordinatornya Putu Rosa Martika. Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan para arsiparis memperoleh pemahaman yang sama, sehingga dapat melakukan pengelolaan arsip statis di masing-masing unit kerja.

Sementara Koordinator TU, RT dan HTL I Wayan Gayun Widharma menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan pedoman Akuisisi Arsip Statis yang nantinya akan berbentuk Peraturan Rektor. Rencananya target tahun ini akan diselesaikan sebanyak dua Peraturan Rektor untuk melengkapi berbagai Peraturan Rektor yang sudah dimiliki terkait dengan kearsipan. Dalam pelaksanaan kegiatan ini peserta dibagi menjadi 5 grup yang masing-masing grup akan melakukan diskusi dan memberikan masukan dalam pengelolaan arsip statis. (lit/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!