Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Giri Prasta: Tata Pantai Jimbaran dengan Sistem Roro Jonggrang

Rp25 Miliar Cair, Rp200 Miliar Menyusul

PELETAKAN BATU PERTAMA: Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat meletakkan batu pertama penataan Pantai Jimbaran dan Jalan Segara Giri Jimbaran di Pesisir Pantai Jimbaran, Rabu, 11 Oktober 2023.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sangat konsen menata kawasan Jimbaran sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di wilayah Badung Selatan.

Untuk tahap awal, Giri Prasta mengucurkan dana sebesar Rp25 miliar untuk penataan Pantai Jimbaran dan jalan di pesisir Pantai Jimbaran, yakni Jalan Segara Giri Jimbaran.

“Kami konsen penuh dengan Jimbaran. Tahap awal kami fokuskan menata pesisir pantai dan jalan. Ke depan kami perlu menyiapkan dana lebih besar, mencapai Rp200 miliar lebih untuk mempercantik kawasan Jimbaran ini. Kami ingin masyarakat Jimbaran tetap bersatu dan menjadi tuan di rumah sendiri,” tegas Giri Prasta didampingi Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri upacara Ngeruak sekaligus peletakan batu pertama penataan Pantai Jimbaran dan Jalan Segara Giri Jimbaran di Pesisir Pantai Jimbaran, Rabu, 11 Oktober 2023.

Upacara ngeruwak dipuput Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Pancering Jagat, Griya Lingga Bhuwana, Jimbaran.

Acara ini dihadiri anggota DPRD Badung I Wayan Loka Astika, Kadis PUPR Ida Bagus Surya Suamba, Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, Bendesa Adat Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga Arsana Putra, Lurah Jimbaran Wayan Kardiasa serta masyarakat setempat.

Giri Prasta menambahkan upacara ngeruak menjadi awal dari penataan pantai dan jalan di pesisir Jimbaran.

Dengan waktu yang cukup singkat, ia minta kepada dinas teknis, yakni PUPR yang diawasi oleh masyarakat setempat agar pengerjaannya menggunakan sistem Roro Jonggrang, dengan pengerjaan 24 jam dan yakin bisa selesai tepat waktu.

Selain itu Bupati juga menegaskan akan menata kabel-kabel di kawasan pariwisata agar tidak semrawut.

“Semua kabel kita jadikan satu di satu tiang agar rapi. Termasuk kita siapkan tong sampah. Prosesnya sudah berjalan dan astungkara kita selesaikan tahun 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga Arsana Putra mewakili krama Desa Adat Jimbaran menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang memberikan bantuan penataan pantai dan akses jalan tembus di pesisir pantai.

Dijelaskan, penataan ini merupakan keinginan sejak dulu dari seluruh komponen masyarakat Jimbaran termasuk kelompok nelayan.

Usulan masyarakat dari 13 banjar telah disampaikan kepada Bupati Badung. Di tahap awal disetujui untuk penataan pantai Jimbaran dan pembuatan jalan akses tembus dari Jalan Pemelisan Agung sampai Jalan Yoga Perkanthi.

“Ini merupakan tahap awal, semoga ke depan dapat dilanjutkan dan menjadi salah satu alternatif jalan lingkar barat di wilayah Jimbaran dan Bukit sehingga kemacetan yang selalu terjadi di jalan Uluwatu I bisa dihindari,” harapnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!