Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

PemerintahanSosial

Pos Indonesia- NTV Salurkan 2.204 STB di Bali

GRATIS: Gubernur Bali, Wayan Koster mengapresiasi peran aktif dari PT Pos Indonesia (Persero) dan Nusantara TV.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- PT Pos Indonesia (Persero) bersama Nusantara TV mendistribusikan 2.204 Set Top Box (STB) gratis di Bali. Kepala Cabang Utama Pos Indonesia Bali, Purgiyanto menegaskan pihaknya siap mendukung program Siaran Digital Indonesia.

Dukungan itu diwujudkan dengan distribusi STB di Pulau Dewata. Rincinya 2.204 STB ini didistribusikan secara gratis bagi warga Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan, dan Jembrana

“Ini akan kami upayakan selesai sebelum April 2022. Karena ini masanya dari 15 Maret 2022 sampai dengan 30 April,” katanya di sela-sela pelepasan Set Top Box bantuan Nusantara TV yang didistribusikan oleh PT Pos Indonesia (Persero) oleh Gubernur Bali I Wayan Koster di Jaya Sabha, Jumat (11/3/2022).

PT Pos Indonesia (Persero) dipastikan tidak sebatas mendistribusikan STB ke masyarakat. Personelnya juga melakukan instalasi hingga memastikan STB bisa digunakan.

“Sasarannya dari keluarga yang kurang mampu yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” ujarnya.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali, I Gede Agus Astapa di tempat yang sama menjelaskan STB yang kini diserahkan merupakan bantuan dari Nusantara TV. Nusantara TV adalah pemenang MUX televisi digital bersama ANTV, Metro TV, dan TVRI.

“Sebagai komitmen dari digitalisasi penyiaran, terkait dengan Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020, bahwa paling lambat tanggal 2 November 2022, semua televisi analog yang ada sekarang harus migrasi ke televisi digital,” jelasnya.

Astapa mengatakan, Bali masuk tahap pertama digitalisasi penyiaran, yaitu pada tanggal 30 April 2022.

Guna mendukung itu, pemenang MUX berkewajiban mendistribusikan Set Top Box kepada rumah tangga miskin.

Rumah tangga miskin penerima STB adalah yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Di Bali, ada 76.000 rumah tangga miskin yang terdata di DTKS tersebut, dan berhak mendapatkan STB ini,” sebutnya.

Sementara Gubernur Bali, Wayan Koster mengapresiasi peran aktif dari PT Pos Indonesia (Persero) dan Nusantara TV.

Koster mengaku baru mengetahui Set Top Box menjadi komponen penting dalam proses digitalisasi penyiaran.

“Saya baru paham ternyata harus menggunakan sarana ini untuk bisa menangkap siaran, perubahan dari televisi analog ke televisi digital. Saya tidak menyangka proses peralihan ini begitu cepat,” katanya.

Pemerintah Provinsi Bali dikatakan sangat mendukung program digitalisasi penyiaran.

Dukungan itu diwujudkan melalui pembangunan tower di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Tower itu diharapkan bisa menjadi pemancar untuk televisi digital di wilayah Bali utara.

“Sekarang baru masuk tender. Begitu tender selesai, langsung dibangun. Mudah-mudahan akhir tahun untuk pemancarnya ini yang paling atas itu sudah selesai. Sehingga nanti ini akan bisa memfasilitasi penyiaran televisi digital, dengan jangkauan yang lebih optimal,” pungkas Koster. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!