Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Rayakan Puncak Dies Natalis X, Mahasiswa Primakara University Juara 1 Nasional Startup Inovasi

Tumbangkan Universitas Indonesia dan Telkom University Bandung

PERFECT METAMORPHOSIS: Rektor Primakara University Made Artana, S.Kom, MM. menegaskan XD Fiesta 2023 adalah wujud apresiasi terhadap pencapaian gemilang Prime-U dalam bidang pendidikan teknologi informasi serta sebagai ecosystem builder ekonomi kreatif digital di Bali, Sabtu, 30 September 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Puncak XD Fiesta 2023 serangkaian puncak Dies Natalis ke-10 Primakara University di areal lapangan timur Lapangan Renon, Denpasar, Sabtu 30 September 2023 begitu membekas.

Dibuka penampilan menghentak Twentyten Band yang seluruh personilnya lahir di tahun 2010, yakni Nanda, Gio, Kastara, Minowa, Aila, dan Bala (berhalangan hadir), kemeriahan XD Fiesta 2023 makin memanas karena suguhan penampilan luar biasa Fiersa Besari, Soegi Bornean, KIS, Barong Boys, dan talenta Primakara University.

Rektor Primakara University Made Artana, S.Kom, MM. didampingi Wakil Rektor IV Primakara University Juliana Eka Putra mengapresiasi panitia yang menyukseskan XD Fiesta 2023.

Made Artana menyebut para artis yang tampil di XD Fiesta 2023 adalah wujud apresiasi terhadap pencapaian gemilang Prime-U dalam bidang pendidikan teknologi informasi serta sebagai ecosystem builder ekonomi kreatif digital di Bali.

Imbuh Made Artana sebagai satu-satunya universitas IT di Bali, XD Fiesta 2023 yang mengusung tema “Perfect Metamophosis” merupakan penggambaran transformasi sempurna yang dicapai Primakara University selama satu dekade terakhir, khususnya pasca resmi bertransformasi dari STMIK Primakara menjadi Primakara University (Prime-U) sejak Mei 2023.

Pembuktian untuk itu pun terbilang sempurna. Pasalnya, tim mahasiswa Primakara University yang menampilkan karya iFixpedia berhasil meraih juara I tingkat nasional dalam ajang lomba startup inovasi yang digelar Kementerian BUMN sekaligus berhasil meraih hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

IFixpedia merupakan platform inovatif berbasis website karya tim mahasiswa Universitas Primakara yang dapat memudahkan masyarakat untuk mencari teknisi servis. Tim Fixpedia ini terdiri atas Sayyidah Amalia Rokhimah, I Komang Adi Galang Permana, Ayu Pradnyandari Dananjaya Erawan, I Putu Radika Badraghita, dan I Putu Gede Bagoes Pantera.

Merespons capaian luar biasa tersebut, Made Artana menyatakan pihaknya menyiapkan lompatan-lompatan besar untuk mewujudkan visi sebagai perguruan tinggi yang besar dengan kualitas yang sangat baik.

“Di tengah tingginya permintaan pasar pada tenaga programmer, digital marketer, maupun User Interface (UI) dan User Experience (UX) tentunya bisa dicetak oleh Primakara University. Kontribusi Primakara harus sangat jelas. Kami ingin menjadi bagian dari transformasi ekonomi Bali, bagaimana membuat perekonomian Bali ke depan menjadi lebih sehat secara struktur,” kata Made Artana diwawancarai di Lapangan Niti Mandala, Denpasar, Sabtu, 30 September 2023 malam.

Made Artana menilai ketergantungan ekonomi Bali pada pariwisata bisa diturunkan dengan menghidupkan ekonomi kreatif dan digital.

“Terbukti tim mahasiswa Primakara University dengan menampilkan karya iFixpedia berhasil meraih juara I tingkat nasional,” tandasnya.

“Juara II dan III-nya itu tidak main-main. Juara II diraih Telkom University dan juara III Universitas Indonesia. Juara l-nya adalah Primakara University. Mudah-mudahan dengan prestasi ini menekankan posisi Primakara University sebagai pencetak technopreneur semakin terbukti. Selain itu, kultur berprestasi anak-anak kami juga bisa terus ditingkatkan,” sebut Made Artana.

IFixpedia merupakan platform inovatif berbasis website karya tim mahasiswa Primakara University yang dapat memudahkan masyarakat untuk mencari teknisi servis.

Tim mahasiswa Primakara University periah juara 1 nasional ini terdiri atas Sayyidah Amalia Rokhimah, I Komang Adi Galang Permana, Ayu Pradnyandari Dananjaya Erawan, I Putu Radika Badraghita, dan I Putu Gede Bagoes Pantera.

Sebelumnya, tim mahasiswa tersebut juga menang dalam lomba startup di tingkat regional Bali dan Nusa Tenggara.

Bagi Made Artana, meskipun Primakara University sebagai kampus teknologi di Bali baru berusia 10 tahun, namun berhasil mencetak belasan hingga puluhan prestasi setiap tahunnya.

Sebagaimana diketahui transformasi dari STMIK Primakara menjadi Universitas Primakara atau Primakara University (Prime-U) sejak Mei 2023 secara resmi tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 433/E/0/2023 tanggal 22 Mei 2023 tentang Izin Penggabungan Akademi Akuntansi Denpasar dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Primakara menjadi Universitas Primakara.

“Kami berharap dengan transformasi Primakara yang belum lama ini dari sekolah tinggi menjadi universitas, maka kami bisa berubah menjadi yang lebih baik. Kami bekerja sangat giat, bekerja bersama-sama dan bertransformasi menjadi lebih baik,” tutup Made Artana. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!