Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

PKKMB FK Unud 2023, Cetak Nakes Berjiwa Pemimpin dengan Kesucian Hati

KELUARGA BARU: Suasana Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana yang berlangsung 22 dan 23 Agustus 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana (FK Unud) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung selama dua hari yakni 22 dan 23 Agustus 2023.

PKKMB FK Unud yang diikuti 765 orang mahasiswa baru dan lama ini mengambil tema “Menyambut Keluarga Mahasiswa Kesehatan Udayana, Menciptakan Prabhu Swara Dharma Nirmala”.

PKKMB dibuka langsung oleh Dekan FK Unud yang ditandai dengan penancapan Bendera Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Ketua Panitia PKKMB FK Unud, Ns. I Kadek Saputra, S.Kep., M.Erg, mengatakan PKKMB FK 2023 kali ini memberikan ruang kepada mahasiswa sebagai panitia untuk berperan aktif dalam pelaksanaannya agar dapat memberikan warna dan suasana yang baru dengan pemikiran-pemikiran dan inovasi baru, penuh suasana keakraban serta kekeluargaan antar mahasiswa.

Walaupun demikian PKKMB ini tetap mengacu pada pedoman, kaedah, nilai dan aturan main serta tidak terlepas dari etika pengenalan kehidupan kampus itu sendiri.

Motto PKKMB kali ini adalah PRABU SWARA DHARMA NIRMALA (Tenaga Kesehatan yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, serta berani bersuara untuk kebenaran dengan kesucian hati).

Dekan FK Unud, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes, mengatakan, PKKMB merupakan rangkaian kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa guna menyesuaikan diri dengan ragam kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang dapat meningkatkan potensi dan kreativitas serta inovasi diri mahasiswa.

PKKMB ini juga diharapkan dapat menanamkan nilai – nilai luhur (University Values), filosofi pendidikan dan kesadaran pendewasaan diri dari siswa menjadi mahasiswa, sehingga meningkatkan kebanggaan menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Kegiatan PKKMB merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Hal ini penting dilakukan agar setiap mahasiswa mempunyai kesiapan lebih dini untuk beradaptasi dalam proses pembelajaran.

Di samping itu telah ditetapkan bahwa setiap lulusan baru bisa mengikuti wisuda apabila telah dinyatakan lulus dalam kegiatan PKKMB.

Hari pertama PKKMB diisi dengan pemaparan materi oleh beberapa narasumber di internal FK Unud (Dekanat dan Para Koordinator Program Studi) terkait profil fakultas, profil masing-masing program studi dan fasilitas sarana prasarana di FK Unud.

Selain itu, para mahasiswa baru juga mendapat edukasi mengenai Tindakan Perundungan dan Kekerasan Seksual yang disampaikan oleh Dr. dr. Anak Ayu Sri Wahyuni, Sp.KJ.

Kemudian hari kedua diisi dengan expo pengenalan unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!