Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Sosial

Kang Emil: Kredit Mesra Tekan Angka Bunuh Diri Akibat Pinjol

Tanpa Bunga, Tanpa Jaminan

SAYANG BALI: Kang Emil- sapaan akrab Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil- dalam peluncuran kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) Bank bjb di Pasar Badung, Selasa (18/1/2022)

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Kang Emil paham betul masalah sosial yang kini melanda Pulau Dewata. Merespons angka kasus bunuh diri di Bali yang naik nyaris 100 persen dari 68 kasus di tahun 2020 menjadi 125 kasus di tahun 2021, Gubernur Jawa Barat itu menginstruksikan agar Bank Jabar Banten (bjb) meluncurkan program penyelamatan masyarakat. Kang Emil tidak ingin angka bunuh diri dari 47 orang laki-laki dan 21 wanita pada tahun 2020 menjadi 92 laki-laki dan 33 perempuan yang bunuh diri pada 2021 di Pulau Bali kian parah di tahun 2022 mengingat pemulihan perekonomian berpeluang terganjal karena pandemi masih berlanjut. 

Jelas Kang Emil, kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) Bank bjb hadir karena harus 100 persen masyarakat Indonesia memiliki akses terhadap keuangan. Faktanya, golongan kecil yang tak punya aset masih belum terakses. Kondisi ini menyebabkan pinjol rame mengisi ruang-ruang yang tak disentuh bank formal.

“Di situlah rentenir hidup. Pinjam sejuta mengembalikan sepuluh juta. Kira-kira begitulah. Ada yang sampai bunuh diri, cerai. Jawaban dari masalah itu adalah kredit mesra. Kredit ini adalah gabungan sila pertama dan sila kelima,” ungkapnya. Kredit Mesra bisa diperoleh tanpa jaminan dan tanpa bunga. Kang Emil menegaskan Jawa Barat mencintai Bali yang kini masih tertatih-tatih membangun perekonomian akibat terjangan pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb), Yuddy Renaldi mengatakan bjb ada di 14 provinsi se-Indonesia, termasuk Bali. Khusus di Bali, kinerja bjb relatif baik. Kondisi inilah yang membuat pihaknya memprioritaskan program Mesra bjb perdana di Bali. Kredit tanpa bunga dan agunan ini mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta rupiah. Terhitung hingga 31 Desember 2021, bjb telah menyalurkan kredit Mesra senilai Rp 25 miliar kepada 817 kelompok di 459 tempat ibadah.

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace menyebut hadirnya Kang Emil yang disambut hujan deras di pagi hari merupakan pertanda berkah. Pemprov Bali sangat mengapresiasi program bjb Mesrakan Bali yang sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yaitu menjaga keseimbangan alam Bali beserta isinya dan berbuat kebaikan untuk sesama. Pembiayaan Kredit bjb Mesra merupakan perwujudan hal tersebut. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!