Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Akhir Drama Kebakaran, TPA Suwung Selamat!

Jaya Negara Akhiri Status Darurat Bencana

PADAM: Titik Api Padam 100 Persen, Status Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung Berakhir.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara secara resmi menetapkan berakhirnya Status Darurat Bencana Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung Kota Denpasar. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Walikota Denpasar Nomor 188.45/2651/HK/2023 tertanggal 16 November 2023.

Dimana, berdasarkan kajian BPBD dan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar serta melihat kondisi di lapangan, bahwa titik api dan asap sudah padam menyeluruh atau 100 persen.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat dikonfirmasi Minggu, 19 November 2023 menjelaskan, kondisi terkini penanganan kebakaran TPA Suwung menunjukan tren positif.

Dimana seluruh titik api sudah berhasil di padamkan. Sehingga operasi penanganan telah dihentikan dengan berkahirnya status darurat bencana kebakaran di TPA Suwung.

Lebih lanjut dijelaskan, meski api telah padam dan titik asap sudah berhasil ditangani, pemantauan dan kediapsiagaan terus dilaksanakan.

Sehingga setelah masa darurat ini berkahir, Tim BPBD bersama Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar akan melaksanakan pemantauan rutin. Hal ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dikarenakan api telah padam menyeluruh, kami putuskan bahwa Status Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung telah berakhir,” ujar Jaya Negara

Ditambahkannya, setelah dinyatakan padam menyeluruh, saat ini fokus penanganan pasca kebakaran akan dilaksanakan oleh pihak UPT.

Pengolahan Sampah TPA Suwung dibawah Pemerintah Provinsi Bali. Sehingga diharapkan dapat mendukung optimalisasi pengiriman sampah Kota Denpasar ke TPA tersebut.

Sehingga pengangkutan sampah di TPS, TPS3R dan Swakelola dapat terus dioptimalkan.

“Semoga dengan berakhirnya status darurat bencana kebakaran ini, penanganan sampah di Kota Denpasar dapat terus dioptimalkan,” harap Jaya Negara

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar, I Made Tirana membenarkan bahwa Tim BPBD bersama Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar masih terus melaksanakan pemantauan.

Selain itu, pihaknya bersama UPT. Pengolahan Sampah TPA Suwung telah menyiagakan truk tanki air sebagai langkah antisipasi.

“Status Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung sudah berkahir, pemantauan akan terus kami laksanakan bersama sebagai langkah antisipasi,” ujarnya.(bp/luc) 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!