Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Hina dan Pukul Jero Mangku, Bule Shit You Bisa Dipidana

TONTONAN SAAT MACET: Sosok Jero Mangku KBU yang dihina dengan umpatan shit you (bahasa kasar, red) saat berjibaku dengan Warga Negara Asing, Minggu, 23 April 2023. 

 

UBUD, Balipolitika.com- Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bali, Anggiat Napitupulu merespons serius aksi saling pukul yang melibatkan seorang jero mangku dengan Warga Negara Asing (WNA) di salah satu ruas jalan Ubud, Gianyar, Bali, Minggu, 23 April 2023. 

Anggiat Napitupulu menyebut bule yang menghina Jero Mangku KBU lewat umpatan shit you (bahasa kasar, red) sebelum akhirnya mendorong hingga terlibat perkelahian diduga kuat masuk kategori melakukan perbuatan tidak menyenangkan. Lebih-lebih pemukulan yang dilakukan bisa diproses pidana. 

“Nah ini sudah tindakan tidak menyenangkan seharusnya (bisa dilaporkan, red) ke APH alias aparat penegak hukum. Anggota kami sedang mendalami. Bisa diproses pidana,” ungkap Anggiat Napitupulu. 

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam sebuah rekaman video pendek berdurasi 22 detik berjudul “Getting hot on Jalan Raya Ubud today, Astagfirullahaladzim” yang diunggah di media sosial oleh akun Instagram @liliadarling, tampak Jero Mangku KBU melepas udeng (pengikat kepala khusus untuk persembahyangan khas umat Hindu, red) pemangkunya lantas mendorong si bule berkaca mata. 

Saat si bule membuka lebar-lebar tangannya seolah-olah tidak akan melawan, Jero Mangku KBU tampak tenang, namun justru ia mendapatkan dorongan kedua tangan si bule. Endingnya keduanya baku hantam dan menjadi tontonan pengguna jalan di tengah kemacetan parah di lokasi tersebut.

Apa yang sebenarnya terjadi? Redaksi mendapatkan keterangan langsung dari Jero Mangku KBU bahwa sejatinya ia sama sekali tidak memiliki masalah dengan si bule. 

Insiden sebenarnya justru melibatkan sebuah mobil merk Expander berplat F yang menerobos dan mengenai kaca spion mobil yang posisinya di belakang. 

“Kronologis, kondisi jalan macet di daerah Ubud setelah Museum Antonio Blanco. Tahu-tahu ada mobil Expander plat F nerobos dan mengenai kaca spion mobil belakang. Yang saya ajak masalah sebetulnya mobil belakang. Tiang menjelaskan tahu-tahu dia (si bule, red) ngatain tiang shit you (umpatan kasar, red). Akhirnya tiang turun dari mobil mempertanyakan kenapa dia bilang shit you ke saya. Setelah itu dia dorong tiang, akhirnya tiang taruh kacamata dan terjadilah. Begitu kronologisnya,” ujar Jero Mangku KBU. (bp) 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!