Kesehatan

Siap-Siap Suntik 3 Vaksin Booster

Pemerintah siapkan Vaksin Booster

 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- 5 vaksin yang sudah dapat EUA BPOM untuk booster vaksin COVID-19 dengan kriteria berusia lebih dari 18 tahun dan diberikan 6 bulan dari vaksin primer. Adapun kombinasi 5 vaksin booster tersebut adalah CoronaVac (booster homolog, 1 dosis), Pfizer (booster homolog, 1 dosis), Astrazeneca (booster homolog, 1 dosis), Moderna (homolog dan Heterolog, 1/2 dosis, heterolog dengan vaksin primer Az, Pfizer dan J&J), dan Zififax (booster heterolog dengan vaksin primer sinovac dan sinopharm).

 

Mengapa vaksinasi booster penting? Dalam 6 bulan, antibodi Covid-19 orang yang divaksin menurun. Belum diketahui kapan pandemi akan berakhir, maka imunitas kita terhadap Covid-19 harus jaga tetap tinggi.

 

Sebelum booster, harus diingat bahwa 70% masyarakat Indonesia harus divaksin komplit terlebih dahulu, terutama lansia yang memiliki angka kematian hampir 50% akibat Covid-19

 

Terkait perkembangan produksi vaksin dalam negeri, vaksin Zififax sedang dalam pendampingan BPOM terkait tahap produksi pembuatan vaksin dalam negeri. Hal tersebut hasil kerja sama badan usaha dalam negeri.
Dengan hal tersebut, maka akan ada 3 fasilitas produksi vaksin di Indonesia, PT Bioframa, PT Biotis Pharmaceutical, dan PT JBIO. Kombinasi vaksin lainnya masih dalam proses pengkajian uji klinis untuk vaksin booster. Teknis pelaksanaan vaksinasi Booster akan diatur oleh Kemenkes. BPOM melakukan pengawasan terhadap produk vaksin booster yang terdistribusi sebagaimana vaksin Covid-19 sebelumnya. (dah/bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker