Seni & Budaya

Koster Beri Sinyal Ogoh-Ogoh Bisa Arak

Tahun ini Koster Beri Sinyal Ogoh-Ogoh Bisa Arak

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Manggala Agung Pasikian Pecalang Bali, I Made Mudra mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali, Wayan Koster yang mengeluarkan surat penegasan pembuatan dan pawai ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 dengan menujukan langsung surat tersebut kepada Bupati/Walikota se-Bali.

 

“Karena dalam surat tersebut berisi keamanan, maka kami selaku pecalang sangat siap memberikan pengamanan. Apabila nantinya ada yowana atau generasi muda di suatu desa adat hingga di tingkat Kabupaten/Kota se-Bali melakukan kegiatan pawai atau lomba,” kata Made Mudra, Minggu (9/1).
Mudra menilai Gubernur Bali berpikir bijaksana di masa pandemi ini dengan memberikan ruang kreativitas kepada generasi muda untuk berkesenian dengan membuat ogoh-ogoh yang berkembang sejak tahun 1976.

 

“Atas hal ini, kami di Pasikian Pecalang Bali tetap mengajak para generasi muda atau yowana untuk ikut berwaspada selama berkegiatan ogoh-ogoh dengan cara menerapkan protokol kesehatan, hal ini Kami tekankan agar Kita semua bisa menekan gejolak sebaran Covid-19, dan jangan sampai menimbulkan klaster baru, karena pandemi ini belum usai, meskipun kondisi sudah melandai,” tambahnya.

Agar pembuatan dan pawai ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 ini berjalan dengan aman disetiap Desa Adat di Bali, maka pada kesempatannya Manggala Agung Pasikian Pecalang Bali, I Made Mudra mengungkapkan bahwa pihaknya pada tanggal 11 Januari 2022 akan melakukan koordinasi dengan Pasikian Yowana Kabupaten/Kota se-Bali. “Dalam koordinasi tersebut, Kami akan menekankan Yowana untuk betul – betul terlibat bersama menjaga ketertiban dan keamanan, serta mengantisipasi penyebaran Covid-19, dengan harapan yowana ikut berperan mensosialisasikan surat tersebut kepada yowana di setiap Desa Adat,” ungkapnya. (dah/bp)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker