Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

I Made Arya Bhaskara Swara Sarjana Berkat Daun Belimbing Wuluh

WISUDA: I Made Arya Bhaskara Swara, S.TP. yang kerap dipanggil Bhaskara atau Bhas sukses meraih gelar Sarjana Teknologi Pangan (S.TP.) di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Udayana.

 

DENPASAR, Balipolitika.com I Made Arya Bhaskara Swara, S.TP. yang kerap dipanggil Bhaskara atau Bhas sukses meraih gelar Sarjana Teknologi Pangan (S.TP.) di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Udayana.

Ia secara resmi diwisuda pada periode Agustus 2023 dengan melakukan studi “Pengaruh Waktu Ekstraksi Dengan Metode Microwave Assisted Extraction (MAE) terhadap Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averhoa Bilimbi.L)” dibawah bimbingan Dr. Gusti Ayu Kadek Diah Puspawati, S.TP., M.Si. dan Dr. I Wayan Rai Widarta, S.TP., M.Si.

Penelitian yang dilakukan adalah pembuatan ekstrak yang berasal dari bahan alami seperti daun belimbing wuluh.

Ia mengatakan memilih daun belimbing wuluh karena melalui studi pustaka yang dilakukan, daun tersebut mengandung komponen bioaktif seperti antioksidan sangat tinggi yang berpotensi sebagai antikanker dan antibakteri yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pada proses pembuatan ekstrak yang dilakukan digunakan metode Microvawe Assisted Extraction (MAE) yang merupakan metode ekstraksi yang memanfaatkan radiasi gelombang mikro yang dapat menghasilkan komponen bioaktif tinggi dengan waktu ekstraksi yang singkat.

Bhaskara dalam penelitiannya melaporkan bahwa ekstrak daun belimbing wuluh mengandung komponen bioaktif seperti fenol, vitamin C dan flavonoid yang diindikasikan berfungsi sebagai antioksidan dan berpotensi sebagai antikanker dan antibakteri dengan nilai IC50 28,35 ppm yang berarti antioksidan ekstrak belimbing wuluh tergolong sangat kuat. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!